ESSAY

Writer / NIM
SALMA MOLOU / 131408149
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Dra. MEITY MONONIMBAR, M.Pd / 0024055602
Advisor 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstract
ABSTRAK Salma Molou. NIM. 131 408 149. 2012. Kompetensi sosial Kepala Sekolah Dalam Menangani Konflik pada SD Negeri 1 Dunggala Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Meity Mononimbar, M.Pd, Pembimbing II : Warni T. Sumar, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui gambaran kemampuan kepala sekolah mengelola konflik di SD Negeri 1 Dunggala Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo., 2) mengetahui gambaran kemampuan kepala sekolah membangun kerja sama (teamwork) antara sesama stakeholder di SD Negeri 1 Dunggala Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, 3) mengetahui gambaran kemampuan kepala sekolah memahami perubahan lingkungan di SD Negeri 1 Dunggala Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, serta 4) mengetahui gambaran kemampuan kepala sekolah menjalin komunikasi dengan sesama stakeholder di SD Negeri 1 Dunggala Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Sumber data dalam penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Kepala sekolah telah menunjukkan kemampuan mengelola konflik yang diindikasikan dengan beberapa hal sebagai berikut a) kemampuan kepala sekolah memahami berbagai konflik yang terjadi di sekolah, b) kemampuan kepala sekolah dalam mengetahui penyebab konflik yang terjadi di sekolah, c) kemampuan kepala sekolah dalam mengetahui penyebab konflik yang terjadi di sekolah, dan d) cara kepala sekolah dalam melakukan penyelesaian terhadap konflik yang terjadi di sekolah, 2) kepala sekolah menunjukkan kemampuan dalam dalam membangun kerja sama (teamwork) antara sesama stakeholder di sekolah melalui proses pengambilan keputusan yang dilakukan secara bersama-sama serta kemampuan kepala sekolah dalam menciptakan hubungan yang harmonis, 3) kepala sekolah dan stakeholder terkait mampu memahami perubahan yang terjadi di lingkungan sekolah, melalui upaya untuk melakukan analisis terhadap kondisi lingkungan kerja serta melakukan antisipasi terhadap berbagai perubahan yang terjadi di lingkungan sekolah, dan 4) kepala sekolah menunjukkan kemampuan dalam menjalin komunikasi dengan sesama stakeholder pendidikan di sekolah melalui komunikasi personil dan interpersonal. Kata Kunci: Kompetensi Sosial, Konflik
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011