ESSAY

Writer / NIM
VERONIKA MANOPO / 131408185
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Advisor 2 / NIDN
ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstract
ABSTRAK Veronika Manopo. 2012. Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di SDN 06 Bulango Selatan. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dr. Asrin, M.Pd. (II) Arifin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Strategi Pengembangan karakter dalam kegiatan Intrakurikuler (2) Strategi Pengembangan karakter dalam kegiatan Kokurikuler, (3) Strategi Pengembangan karakter dalam kegiatan Ekstrakurikuler Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data terdiri dari uji kredibiltas, transferabilitas, depenabilitas dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) strategi pengembangan karakter dalam kegiatan intrakurikuler dilaksanakan secara integrasi nilai-nilai karakter pada mata pelajaran, menggunakan perangkat pembelajaran dan penggunaan metode (2) strategi pengembangan karakter dalam kegiatan kokurikuler di rancang untuk menunjang kegiatan intrakurikuler untuk mempedalam pengetahuan peserta didik terhadap setiap materi yang diajarkan melalui pemberian tugas, dan kegiatan pengamatan (3) strategi pengembangan karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler dirancang sebagai pengembangan diri melalui kegiatan keagamaan, kegiatan pramuka dan kegiatan olimpiade/sains, seni dan olah raga. Untuk itu disarankan: 1) Hendaknya kepala sekolah berupaya mengembangkan karakter lebih ditujukan pada pemahaman peserta didik tentang pemerolehan nilai karakter yang ingin dikembangkan dan ditunjang oleh kebiasaan sehingga mereka memiliki keinginan yang kuat untuk menerima dan mau berubah sikap. 2) hendaknya guru dalam mengajar dapat mengetahui kegiatan apa yang dilakukan dalam pembelajaran yang dapat mengembangkan karakter sehingga peserta didik dapat memperoleh pengalaman belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran. 3) Hendaknya para orang tua menjadi teladan untuk mengajarkan mana yang baik dan yang salah sehingga peserta didik dapat memahaminya. Kata Kunci : strategi, nilai, karakter, kepala sekolah
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011