ESSAY

Writer / NIM
VINDY SASTRA PUTRA KUSUMA SANTOSO / 131408186
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Advisor 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstract
ABSTRAK VINDY SASTRAPUTRA KUSUMA SANTOSA, Skripsi Kesiapan Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo (Jurusan Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2015). Pembimbing I dan II : Drs. H. Muh. Polinggapo, S.Sos, M.Pd dan Dr. Hj. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui gambaran kesiapan SDM dalam mengembangkan kurikulum 2013 di SDN 33 kota Selatan Kota Gorontalo, (2) Untuk mengetahui kesiapan sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran di SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari pendekatan atau rancangan penelitian mengenai kepala sekolah dan 4 (empat) orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) SDM di SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo belum siap dalam mengembangkan kurikulum 2013. Hal ini terlihat dari tingkat penguasaan teknologi pendidikan pada guru-guru yang masih minim. Tingkat pendidikan seorang guru saja tidak menjamin siapnya guru tersebut dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. (2) Sarana dan prasana pendidikan yang terdapat di SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo belum siap untuk implementasi kurikulum 2013. Dari semua sarana dan prasarana yang seharusnya ada untuk implementasi kurikulum 2013, seperti buku, komputer ruang laboratorium, dan lain-lain tidak satupun yang memadai untuk digunakan. Terkait temuan tersebut, disarankan : (1) Bagi kepala sekolah : kepala sekolah harus bisa bekerjasama dengan pemerintah untuk mempersiapkan seluruh elemen sekolah mulai dari guru hingga sarana dan prasarananya guna mengimplementasikan kurikulum 2013 dan untuk kemajuan sekolah itu sendiri. (2) Bagi guru : Guru sebagai pengajar dan pendidik di sekolah harus mampu menjalankan tugas mengajarnya sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah. (3) Bagi siswa : siswa harus kreatif dan mampu menggunakan teknologi agar mudah menerima kurikulum 2013. (4) Bagi peneliti : peneliti diharapkan untuk lebih serius lagi mempelajari kurikulum 2013 agar nantinya bisa saling berbagi informasi tentang hal-hal yang perlu dilakukan sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Kata Kunci : Kesiapan Sekolah, Implementasi Kurikulum 2013
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011