ESSAY

Writer / NIM
WANHANDRIK TAHALU / 131408187
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Advisor 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstract
ABSTRAK Wanhandrik Tahalu. 2012. Pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap pengelolaan konflik siswa di Kelas Se Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo. Program Studi Manajemen Ilmu Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Prof. Dr. Hi. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Warni T. Sumar, S.Pd, M.Pd. Penelitian bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kecerdasan emosional guru di Sekolah Dasar Se Kecamatan Bilato Kab. Gorontalo. Untuk mengetahui pengelolaan konflik siswa di Kelas oleh guru Sekolah Dasar Se Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo. Untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap pengelolaan konflik siswa di Kelas Sekolah Dasar Se Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket, obervasi wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kecerdasan Emosional guru akan sangat tergantung pada yang diukur melalui kemampuan guru berada pada kategori yang “kuat” hal ini menunjukan kecerdasan emosional yang semakin tinggi akan semakin meningkatkan pengelolaan konflik terhadap siswa di kelas. 2) Pengelolaan konflik diukur melalui bentuk konflik yang terjadi di kelas dengan indikator kategori yang “tinggi” hal ini menunjukan pengelolaan konflik yang tinggi dapat menggambarkan tingkat kecerdasan guru, 3) Pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap pengelolaan konflik siswa di kelas menunjukkan bahwa perubahan yang terjadi pada pengelolaan konflik di SDN se Kecamatan Bilato. Besarnya pengaruh yang ditimbulkan oleh kecerdasan emosional guru terhadap pengelolaan konflik menunjukan koefisiensi yang tinggi. Tingkat koefisien ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional guru memiliki pengaruh yang kuat terhadap pengelolanan konflik siswa di kelas se Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo. Adapun saran penelitian ini yaitu : berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kecerdasan emosional berada pada tingkat atau level baik dalam meningkatkan Pengelolaan Konflik, untuk itu agar di masa mendatang lebih ditingkatkan, 2) Disarankan kepada peneliti selanjutnyan untuk mengkaji faktor lain yang kiranya dapat mempengaruhi Pengelolaan Konflik khususnya di SD se Kecamatan Bilato. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Pengelolaan Konflik, Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011