ESSAY

Writer / NIM
SARINA SIMON MAHMUD / 131408221
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. FADLIAH, M.Si / 0014025505
Advisor 2 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstract
ABSTRAK Sarina Mahmud. 2012. Implementasi Program Pengembangan Kompetensi Guru Di SDN I Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo. (SKRIPSI: Dibimbing oleh Dr. Fadliah, M.Si dan Dr. Arwildayanto, M.Pd). Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan program pengembangan kompetensi guru di SDN I Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo.(2) Mendeskripsikan pelaksanaan program pengembangan kompetensi guru di SDN I Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo.(3) Mendeskripsikan Evaluasi program pengembangan kompetensi guru di SDN I Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo. (4) Mendeskripsikan dampak program pengembangan kompetensi guru di SDN I Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis narasi. Hasil peneliitan ini menunjukan bahwa: (1) perencanaan program pengembangan kompetensi guru teraktualisasi dalam penyusunan program yang dilaksanakan secara simultan dengan penyusunan program sekolah pada awal tahun ajaran.(2) pelaksanaan program pengembangan kompetensi guru teraktualisasi dalam penyiapan perangkat kegiatan mulai dari penyiapan materi sampai dengan instrumen evaluasi keberhaslan.(3) evaluasi program pengembangan kompetensi guru teraktualisasi dalam kegiatan monitoring dan evaluasi kegiatan pengembangan kompetensi guru, dengan unsur yang dilibatkan adalah kepala sekolah, guru, pengawas, koordinator KKG, panitia KKG dan diklat.(4) dampak program pengembangan kompetensi guru teraktualisasi dalam pengembangan kompetensi yang dilakukan sangat dirasakan manfaatnya oleh setiap guru, karena dapat memperbaharui wawasan, pengetahuan, dan keterampilan. Untuk itu disarankan: (1) Hendaknya pihak Dinas Pendidikan memberikan pembinaan lebih luas dan dalam terhadap perencanaan program pengembangan kompetensi guru secara komprenhensif, sehingga seluruh kompetensi dapat diprogramkan secara tertulis (2) Hendaknya pihak sekolah melibatkan unsur-unsur yang terlibat dalam perencanaan program pada pelaksanaan dan evaluasi program kompetensi guru dilapangan.(3)Hendaknya pengawas sekolah memberikan pembinaan secara berkesinambungan baik dalam aspek perencanaan program kompetensi guru, secara komprehensif maupun pada pelaksanaan dan evaluasi program sehingga dapat dicapai hasil efektif dan efisien. (4) hendaknya para guru dapat selalu mengembangkan diri secara mandiri untuk meningkatkan kompetensi yang dipersyaratkan dikuasai untuk mencapai kemampuan profesional yang tinggi. Kata kunci: Guru, Pengembangan Kompetensi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011