Writer / NIM
						NOPI NADJAMUDIN / 131409008
						Study Program
						S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
						Advisor 1 / NIDN
						Dr. FADLIAH, M.Si / 0014025505
						Advisor 2 / NIDN
						Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
						Abstract
						ABSTRAK
Nopi Nadjamudin. 2014. Efektivitas Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah  Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bone  Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Manajemen Pendidikan fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Fadliah, M.Si, Pembimbing II, Dr. Asrin, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan  efektivitas komunikasi interpersonal  kepala sekolah  di Sekolah Dasar Negeri  Kecamatan Bone  Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini dirancang sebagai jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu 1) angket, 2) observasi dan    3) dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum komunikasi interpersonal kepala sekolah di Sekolah Dasar berada pada kategori kurang  efektif . Komunikasi interpersonal ini ditunjukkan dengan ada kecerdasan emosional kepala sekolah dalam melakukan komunikasi, adanya sikap saling respect dalam mengemukakan pendapat. Kemampuan ini pula didukung dengan kemampuan  menginformasikan secara transparan serta terbuka atas saran dan kritik, penggunaan bahasa yang mudah dimengerti oleh masing-masing pihak yang berkomunikasi, serta adanya introspeksi diri kepala sekolah dalam melakukan proses komunikasi interpersonal.
Berdasarkan temuan penelitian maka disarankan beberapa hal sebagai berikut: 1) Untuk lebih memaksimalkan kemampuan kepala sekolah dalam melakukan komunikasi interpersonal maka kepala sekolah perlu melakukan introspeksi diri secara menyeluruh terhadap kemampuannya dalam melakukan komunikasi interpersonal sehingga dapat diketahui kelemahanannya untuk diperbaiki secara kontinu, 2) kepala sekolah perlu menjaga objektivitas serta transparansi dalam proses komunikasi interpersonal sehingga lebih mampu meningkatkan kualitas komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan segenap stakeholder terkait dan 3) perlu upaya proaktif kepala sekolah untuk melakukan komunikasi interpersonal secara terbuka dan intensif kepada stakeholder terkait sehingga hal tersebut menjadi sarana yang dapat melatih kepala sekolah untuk melakukan komunikasi interpersonal lebih baik dan lebih bermakna.
Kata Kunci: Komunikasi interpersonal
						Download files