ESSAY

Writer / NIM
YULIN LAMUSU / 131409140
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Dra. MEITY MONONIMBAR, M.Pd / 0024055602
Advisor 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstract
ABSTRAK Yulin Lamusu. Pengelolaan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan kualitas mengajar. Jurusan Manajemen Pendidikan Faklutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. Pengelolaan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan kualitas mengajar guru di Sekolah Dasar se Kecamatan Bone Kabupaten Bone Boalngo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data yaitu menggunakan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukan bahwa: Pengelolaan kelompok kerja guru (KKG) dalam meningkatkan kualitas mengajar telah dilaksanakan oleh kepala sekolah dan pengawas serta guru-guru dan pengelolah KKG dalam satu oragnisasi atau kelompok dalam meningkatkan kualitas mengajar guru. Tetapi pada umumnya guru masih perlu ditingkatkan kemampuannya dalam pengelolaannya guna meningkatkan kualitas mengajar. Hasil penelitian menujukan bahwa: (1) perencanaan menyusun program KKG memiliki kualitas baik. Hasil ini merupakan akumulasi dari deskeriptor merumuskan tujuan KKG memiliki kualitas baik, menganalisis kebutuhan guru memiliki kualitas baik, (2) pelaksanaan program diperoleh gambaran memiliki kualitas baik. Dari akumulasi deskriptor tehnik pembinaan profesional guru dengan kualitas baik, monitoring pembinaan pelaksanaan dengan kualitas baik, (3) evaluasi program KKG diperoleh gambaran dari hasil penelitian kualitas baik, namun ada beberapa deskriptor dari indikator diperoleh dengan kualitas yang cukup baik disebabkan oleh beberapa faktor yakni: faktor pendidikan yang masih rendah dan kurangnya partisipasi dari peserta KKG. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) bagi kepala cabang dinas pendidikan nasional kecamatan bone dapat melakukan pemetaan kembali dengan mempertimbangkan segi geografis dan kondisi sekolah masing-masing, (2) bagi kepala sekolah melalui wadah KKG dapat lebih meningkatkan kualitas mengajar guru dan agar selalu memotivasi guru untuk meningkatkan kegiatan KKG, (3) bagi pengelolah KKG dapat memberikan konstribusi yang positif bagi pengembangan profesi guru, (4) bagi guru sebagai pedoman membawah kearah perbaikan dalam melakanakan kegiatan belajar mengajar. Kata Kunci: Pengelolaan Kelompok Kerja Guru (KKG)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011