ESSAY

Writer / NIM
SARLINA DJAFAR / 131411002
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Advisor 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstract
ABSTRAK Sarlina. Djafar. 2017. Budaya Sekolah Di MTS Al-Huda Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dan II : Dr. Hi.Fory A.Naway, M.Pd dan Dr. Arifin Suking, S.Pd,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tentang pengembangan budaya sekolah pada kegiatan Intrakurikuler, (2) mengetahui tentang pengembangan budaya sekolah pada kegiatan Ekstrakulikuler, (3) mengetahui simbol-simbol budaya sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian kualitatif yang diguanakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) pengembangan budaya sekolah dalam kegiatan intrakurikuler dalam hal ini pembelajaran di dalam kelas dan diluar kelas antara lain pembelajaran didalam kelas mengacu pada kurikulum 2013 dan guru membiasakan siswa memberi salam, sebelum belajar berdoa dan memberikan motivasi yang positif. Dalam pelakasanaan pembelajaran diluar kelas kebanyakan hanya pembentukan tingkah laku, sikap, saling menghormati, menghargai. Sedangkan dalam pengembangan budaya sekolah melalui kegiatan ekstrakurikuler yaitu keolahragaan kegiatan kegiatan pramuka, kegiatan kerohanian, (2) Dalam pengembangan budaya sekolah dalam kegiatan ekstrakulikuler yaitu keolahragaan kegiatan-kegiatan pramuka, kegiatan kerohanian. (3) Simbol-Simbol Budaya budaya sekolah antara lain, budayakan hidup bersih, indah, sehat dan menarik, tiada yang lebih utama sesudah pekerjaan fardhu selain menuntut ilmu. Untuk itu di sarankan kepada (1) kepala sekolah, agar lebih mengembangakan budaya sekolah khususnya budaya sekolah sebab pembentukan kecerdasan siswa bukan hanya ditentukan oleh kecerdasan intelektual tetapi harus diimbangi dengan kecerdasan emotional dan spritual sehingga dapat membentuk pribadi yang berpekerti luhur. (2) Guru, dapat mendukung segala program yang dibuat oleh kepala sekolah yang menyangkut pengembangan budaya sekolah agar dapat menanamkan nilai-nilai budaya melalui proses pembelajaran. peneliti, diharapkan karya ilmiah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman tentang pengembangan budaya sekolah. Kata kunci : Budaya Sekolah, Simbol-simbol Budaya
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011