ESSAY

Writer / NIM
CUANDA NUSI / 131411009
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Advisor 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstract
ABSTRAK Cuanda Nusi , 2015. Hubungan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah dengan Motivasi Kerja Guru di SDN Se-kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Arwildayanto, S.Pd M.Pd, Pembimbing II : Warni Tune Sumar, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang adanya hubungan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah dengan Motivasi Kerja Guru di SDN Se-kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu tehnik angket dan analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, uji linearitas data serta pengujian hipotesis yaitu perhitungan koefisien korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) Terdapat hubungan yang positif antara kepemimpinan instuksional kepala sekolah dengan motivasi kerja guru. Artinya semakin baik kepemimpinan instruksional kepala sekolah maka motivasi kerja guru akan semakin meningkat. 2) Terdapat hubungan yang positif antara iklim sekolah dengan motivasi kerja guru. Artinya semakin kondusif iklim sekolah maka akan meningkat pula motivasi kerja guru. 3) Terdapat hubungan yang positif antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama dengan motivasi kerja guru. Artinya jika kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah semakin baik maka semakin meningkat pula motivasi kerja guru. Agar meningkatnya motivasi kerja guru dalam mengajar, sebaiknya kepala sekolah lebih mengontrol guru dalam proses pembelajaran didalam kelas. Kepala sekolah hendaknya selalu mengontrol iklim sekolah, agar motivasi kerja guru dan prestasi siswa meningkat. Setiap guru kiranyaa lebih giat lagi dalam proses pembelajaran, agar kepala sekolah bisa memberikan penghargaan kepada guru yang memiliki motivasi kerja yang baik. Bagi penelitian selanjutnya, diharapkan dapat lebih memperdalam analisis mengenai hubungan kepemimpinan instruksional kepala sekolahiklim sekolah dan motivasi kerja guru dengan menggunakan sampel yang lebih besar, serta mengembangkan perspektif yang diteliti lebih luas lagi misalnya faktor -faktor lain yang mempengaruhi motivasi kerja guru. Kata Kunci : Kepemimpinan instruksional kepala sekolah, iklim sekolah, motivasi kerja guru
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011