ESSAY

Writer / NIM
WULANDARI MADJID / 131411012
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Advisor 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstract
ABSTRAK WULANDARI MADJID, Skripsi Kompetensi Professional Pengawas, studi kasus di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bone Bolango (Jurusan Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2015). Pembimbing I dan II: Dr. Hj. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd dan Warni Tune Sumar, S.Pd, M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang kompetensi professional pengawas dalam hal pemantauan terhadap kemampuan guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data ditempuh dengan tiga cara yaitu,observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pengawas dalam (1) Pelaksanaan pengelolaan program sekolah dalam menyusun perangkat pembelajaran seperti RPP, silabus, prota dan prosem dilakukan oleh pengawas melalui kegiatan MGMG dan kegiatan KKG. Dimana Kegiatan MGMP merupakan kegiatan pada tingkat SMA dan SMP sedangkan kegiatan KKG merupakan kegiatan pada tingkat SD, (2) Pemantauan kegiatan supervisi dalam mengukur prestasi guru, pengawas menilai atau mengukur sesuai dengan format-format penilaian dengan melihat poin-poin dalam pembelajaran yang akan dinilai, (3) Melakukan evaluasi penilaian kinerja guru, pengawas melihat dari proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas seperti pada saat guru memulai pembelajaran, kemudian pada kegiatan inti dan sampai pada kegiatan penutup, apabila terdapat kekurangan maka pengawas sebagai gurunya guru mengarahkan dan memperbaiki kekeliruan yang ada, (4) Kegiatan pelaporan hasil pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilakukan oleh pengawas setiap persemester, akhir semester, dan pada akhir tahun ajaran, dan (5) Tindak lanjut kegiatan pengawasan yaitu pengawas melakukan kegiatan perbaikan terhadap temuan-temuan dilapangan. Salah satunya yaitu perbaikan terhadap proses pembelajaran seperti pada penggunaan media pembelajaran, dan kesiapan guru dalam mengajar. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) Dinas pendidikan: untuk menambah kajian dan data tentang pentingnya kegiaatan pengawasan, (2) Bagi Pengawas agar menjadikan kegiatan pengawasan sebagai kegiatan yang wajib dan harus sesering mungkin dilakukan agar lebih kreatif kedepanya, (3) Peneliti: diharapkan dapat menjadi informasi serta pengetehuan bagi peneliti dalam hal pengawasan. Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Pengawas
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011