ESSAY

Writer / NIM
ZEIN TANIYO / 131411024
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Advisor 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstract
ABSTRAK Zein Taniyo, 2015.Hubungan Kepemimpinan Gurudengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Tilamuta. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asrin, S.Ag, M.Pd, dan Pembimbing II Warni Tune Sumar, S.Pd M.Pd. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Kepemimpinan Guru, 2) Motivasi Belajar Siswa, dan 3) Hubungan Kepemimpinan Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Tilamuta. Metode dalam penelitianini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kusioner (angket)yang terdiri dari dua variabel, dan analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data serta pengujian hipotesis yaitu perhitungan koefisien korelasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Kepemimpinan Guru termasuk dalam kategori baik, 2) Motivasi Belajar Siswa termasuk dalam kategori baik, 3) Terdapat hubungan yang baik antara Pendekatan Kepemimpinan Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Se Negeri 1 Tilamuta sebesar 92,16% . Saran-saran : 1) Bagi Kepala Sekolah, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan agar diharapkan mampu mengelola dan memanfaatkan kepemimpinan Guru dengan baik dalam memotivasi belajar siswaagar kepala sekolah bisa mengembangkan sekolah yang dipimpinnya, 2) Bagi guru diharapkan kontribusi dari penelitian ini menambah wawasan pengetahuan tentang kepemimpinan guru dalam motivasi belajar siswa, dan hendaknya para gurumemberikan motivasi belajar terhadap siswa-siswi agar memperoleh prestasi yang membanggakan,3) BagiDinas Pendidikan agar dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kepemimpinan guru dengan mengadakan seminar-seminar tentang peranan kepemimpinan guru dengan memberikan kesempatan pada guru melakukan konsultasi psikologi dengan melakukan tes psikologi, 4) Bagi Peneliti agar peneliti selanjutnya dapat meneliti lebih banyak lagi dari pengembangan aspek-aspek kepemimpinan guru dan faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Kata Kunci :Kepemimpinan Guru , Motivasi Belajar Siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011