ESSAY

Writer / NIM
RASNI HABIBA / 131411042
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Advisor 2 / NIDN
Dr. FADLIAH, M.Si / 0014025505
Abstract
Rasni Habiba. 2015. Efektivitas Penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen Berbasis Sekolah di SD Negeri 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Kadim Masaong, S.Pd, M.Pd Pembimbing II Dr. Fadliah, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) efektivitas penerapan prinsip Kemandirian di SD Negeri 30 Kota Selatan Kota Gorontalo, 2) efektivitas penerapan prinsip Keadilan di SD Negeri 30 Kota Selatan Kota Gorontalo, 3) efektivitas penerapan prinsip Kemitraan di SD Negeri 30 Kota Selatan Kota Gorontalo, 4) efektivitas penerapan prinsip Keterbukaan di SD Negeri 30 Kota Selatan Kota Gorontalo, 5) efektivitas penerapan prinsip Partisipasi di SD Negeri 30 Kota Selatan Kota Gorontalo, 6) efektivitas penerapan prinsip Efesiensi di SD Negeri 30 Kota Selatan Kota Gorontalo, 7) efektivitas penerapan prinsip Akuntabilitas di SD Negeri 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif jenis deskriptif eksplanatori. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan prinsip kemandirian berada pada kategori efektif, 2) penerapan prinsip keadilan berada pada kategori efektif, 3) penerapan prinsip kemitraan berada pada kategori sangat efektif, 4) penerapan prinsip keterbukaan berada pada kategori sangat efektif, 5) penerapan prinsip partisipasi berada pada kategori efektif, 6) penerapan prinsip efisiensi berada pada kategori efektif, dan 7) penerapan prinsip akuntabilitas berada pada kategori sangat efektif. Penerapan prinsip-prinsip MBS di SD Negeri 30 Kota Selatan Kota Gorontalo berada pada kategori sangat efektif, sehingga perlu untuk ditingkatkan dan dipertahankan. Untuk itu disarankan: 1) bagi Dinas Pendidikan diharapkan kiranya lebih memberi ruang gerak yang maksimal kepada kepala sekolah serta mengintensipkan penerapan prinsip MBS, 2) bagi kepala sekolah, diharapkan kiranya dapat lebih meningkatkan pelaksanaan implementasi prinsip-prinsip MBS, 3) bagi guru diharapkan agar lebih meningkatkan keberanian dalam mengimplementasikan apa yang harus ditanamkan pada peserta didik, 4) bagi peneliti diharapkan lebih menajamkan kembali penelitiannya, khususnya terhadap aspek-aspek yang belum tersentuh oleh penelitian ini utamanya tentang efektivitas penerapan prinsip-prinsip manajemen berbasis sekolah. Kata Kunci : Efektivitas , Prinsip-Prinsip Manajemen Berbasis Sekolah
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011