ESSAY

Writer / NIM
MIMAN MAKUNTAI / 131411068
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Advisor 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstract
ABSTRAK Miman Makuntai. 2015. Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Konflik Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Paguat. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing I Dr. phil. H. Ikhfan Haris, M,Sc, Pembimbing II Dr. Hj. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran kemampuan kepala sekolah memahami proses terjadinya konflik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Paguat, (2) mengetahui gambaran teknik kepala sekolah mengatasi konflik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Paguat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah dan 3 (tiga) orang guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kepala sekolah mampu mengatasi konflik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Paguat dengan memahami cara dan proses terjadinya konflik yang diindikasikan dengan beberapa hal sebagai berikut: a) Kondisi yang mendahului konflik, b) konflik yang dapat diamati dan konflik yang dapat dirasakan, c) penyelesaian atau penekanan konflik. (2) Teknik-teknik yang digunakan dalam mengatasi konflik oleh kepala sekolah antara lain sebagai berikut: (1) teknik pemecahan masalah, (2) teknik penghindaran, (3) teknik pelancaran/tindakan meratakan dan (4) teknik kompromi. Dari ke 4 (empat) teknik diatas kepala sekolah lebih sering menggunakan teknik pemecahan masalah karena teknik tersebut merupakan teknik win-win solution. Terkait temuan tersebut disarankan: (1) kepala sekolah senantiasa meningkatkan pemahaman tentang proses terjadinya konflik melalui strategi untuk memahami kondisi yang mendahului konflik, konflik yang dapat diamati dan konflik yang dapat dirasakan, serta penyelesaian atau penekanan konflik. (2) untuk mengatasi konflik yang yang terjadi pada guru kepala sekolah perlu meningkatkan strategi yang dimilikinya untuk mengelola konflik agar konflik yang terjadi tidak dapat menghambat kegiatan-kegiatan pendidikan. (3) Dari hasil penelitian, untuk mengatasi konflik guru yang ada atau yang terjadi disekolah, sebaiknya kepala sekolah menggunakan teknik pemecahan masalah karena teknik ini dianggap lebih efektif. Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Konflik
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011