ESSAY

Writer / NIM
SRIYANA AS O DARWIN / 131411075
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Advisor 2 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Abstract
Sri yana as.o. darwin. 2015. Kepngawasan kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) di SMA Negeri 1 BONE. Skripsi, jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Hj. Sitti Roskina Mas, MM, M.Pd pembimbing II: Drs. H. Muh. Polinggapo, S.Sos, M,Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) pengawasan kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah, (2) hambatan-hambatan kepala sekolah dalam melakukan pengawasan, dan (3) upaya penyelesaian hambatan yang ditemui oleh kepala sekolah di SMA Negeri 1 BONE. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan; (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, (3) interpretasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) pengawasan kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah di SMA Negeri 1 Bone adalah (a) menganalisis konteks internal dan eksternal sekolah sebagai perencanaan strategi, (b) merumuskan visi dan misi, dan menetapkan tujuan, (c) mendesain kegiatan yang mencakup delapan standar, (d) pengawasan secara langsung maupun tidak langsung, (2) hambatan-hambatan kepala sekolah dalam melakukan pengawasan; (a) penyelesaian tugas tidak tepat waktu, (b) sarana dan prasarana belum memadai, (c) orang tua siswa belum terlalu mementingkan pendidikan, (d) kurangnya guru PNS (pegawai negeri sipil) maka sulit untuk menerapkan disiplin, (e) guru banyak yang mengajar tidak sesuai bidang ilmu yang di anutnya, (f) kurangnya kontrol orang tua terhadap anak didik, dan (3) upaya kepala sekolah menyelesaikan hambatan-hambatan dalam implementasi manajemen berbasis sekolah; (a) mengarahkan kembali, mengharapkan dan mengajak serta memberi contoh kepada seluruh warga sekolah untuk selalu berbuat dan bekerja demi kemajuan sekolah, sehingga tanpa disadari bahwa budaya mutu guru akan mewarnai aktifitas seluruh warga sekolah, (b) kepala sekolah mengembangkan budaya meliputi visi, misi, tujuan, nilai dan keyakinan sistem hubungan emosional dan sosial desain organisasi, (c) memberikan bimbingan khusus mengenai pribadi guru atau pegawai administrasi tersebut, (d) memberikan sanksi sesuai Undang-Undang guru dan pegawai. Kata Kunci: Kepengawasan, Manajemen Berbasis Sekolah
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011