ESSAY

Writer / NIM
SAHID NGADI / 131412005
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Advisor 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstract
ABSTRAK SAHID NGADI, 2017. Strategi pengembangan Life skill di MAN Model Gorontalo. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dan II: Dr. Phill Ikhfan Haris, M.Sc dan Intan Abdul Razak, S.Ag, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang Strategi Pengembangan Life Skill di MAN Model Gorontalo, Fokus Penelitian ini terdiri dari: (1) Strategi pengembangan kecakapan Personal peserta didik di MAN Model Gorontalo, (2) Strategi pengembangan kecakapan sosial peserta didik di MAN Model Gorontalo, dan (3) Strategi pengembangan kecakapan akademik peserta didik di MAN Model Gorontalo. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah waw, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mwnunjukan bahwa: (1) Strategi pengembangan kecakapan Personal peserta didik di MAN Model Gorontalo (a) menanamkannilai-nilai keagamaan atau beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha Esa. (b) mengikuti kegiatan rohis, dan tadarus Al_Qur'an. (c) berfikir dan bertindak secara kreatif, dan meecahkan masalah-masalah yang dihadapi secara langsung, (2) Strategi pengembangan kecakapan sosial peserta didik di MAN Model Gorontalo (a) mengikuti lomba tataboga, mapala, penerimaan tamu ambalan, dan paskibraa. Dan sesuai jenis kegiatan yang diberikan oleh madrasah (b) menjalankan kegiatan berkomunikasih dengan menggunakan bahasa asing (c) mampu beromunikasi lisan, berkomunikasi tertulis, dan bekerja sama. dalam berkomunkasi juga diperlukan sopan santun dan tatakrama dalam berkomunkasi, dan sebagainya. (3) Strategi pengembangan kecakapan akademik peserta didik di MAN Model Gorontalo (a) berpidato dengan menggunakan bagasa asing berpidato dengan menggunakan Bahasa Inggrish, atau Bahasa arab, lomba penulisan karya ilmiah, kaligrafi, dan lomba hifdzil Qur'An (b) satunya ajang pencarian kreativitas peserta didik (c) mengikuti kegiatan miting kelas peserta didik mewakili setiap kelas dan mengikuti lomba melukus hurf Al-Qur'an dengan gaya mereka sendiri. Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Life skill ABSTRACT SAHID NGADI, 2017. Life skill development strategy at MAN Model Gorontalo. Thesis, Study Program of Educational Management Faculty of Education Universitas Negeri Gorontalo. Advisors I and II: Dr. Phill Ikhfan Haris, M.Sc and Intan Abdul Razak, S.Ag, M.Pd. The purpose of this research is to describe about Life Skill Development Strategy at MAN Model Gorontalo, The focus of this research are: (1) Strategy of Personal Skills Development of Students at MAN Model Gorontalo, (2) Development Strategy of Student Social Skill in MAN Model Gorontalo, And (3) Strategic development of students' academic proficiency in MAN Model Gorontalo. This research uses a qualitative approach with case study design. Data collection techniques used are waw, observation, and documentation. The results of this study indicate that: (1) Strategy development of Student's Personal Skill in MAN Model Gorontalo (a) inculcate religious values or faithful and devoted to the one great God. (B) following the spiritual activity, and the Qur'anic tadarus. (C) think and act creatively, and solve the problems faced directly, (2) the strategy of developing the social skills of learners in MAN Model Gorontalo (a) following the governance race, mapala, reception of the shelter, and paskibraa. And according to the type of activities provided by the madrasah (b) engage in communicative activities using a foreign language (c) be able to communicate orally, communicate in writing, and cooperate. In mengkunkasi also needed manners and manners in mengkunkasi, and so forth. (3) The strategy of developing the academic proficiency of learners in MAN Model Gorontalo (a) speech by using foreign language speech by using English, Arabic, scientific writing, calligraphy and hifdzil Qur'An (b) Creativity of learners (c) follow classroom miting activities of learners representing each class and follow the Qur'an's alphabetical meluh race in their own style. Keywords: Development Strategy, Life skill
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011