ESSAY

Writer / NIM
RANDY ISWANDY KAMBA / 131412010
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Advisor 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstract
ABSTRAK Randy Iswandy Kamba, 2017 "Hubungan Kepemimpinan Pembelajaran Guru Di Kelas Dengan Motivasi Berprestasi Siswa Di SMP Negeri 7 Kota Gorontalo". Pembimbing I Prof. Dr. Ansar, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Dr. Arifin Suking, S.Pd, M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kepemimpinan pembelajaran guru di kelas dengan motivasi berprestasi siswa di SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif jenis penelitian korelasional. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji validitas, reliabilitas instrumen dan uji normalitas data, korelasi parsial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepemimpinan pembelajaran guru di kelas dengan motivasi berprestasi siswa di SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Saran: (1) bagi kepala sekolah sebaiknya lebih meningkatkan kepemimpinan pembelajaran guru di kelas melalui supervisi atau diklat agar kepemimpinan pembelajaran guru dapat terus meningkat sehingga berdampak pada tingginya motivasi berprestasi siswa. (2) sebaiknya guru perlu meningkatkan kepemimpinannya dalam pembelajaran untuk mempengaruhi, membimbing, mengarahkan, mendorong serta memotivasi siswa agar siswa motivasi berprestasinya lebih meningkat. (3) Bagi siswa sebaiknya terus berkeinginan untuk meningkatkan motivasi berprestasi melalui tindakan positif di dalam kelas sehingga prestasi belajar akan lebih meningkat. Kata Kunci: Kepemimpinan Pembelajaran, Motivasi Berprestasi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011