ESSAY

Writer / NIM
RAMLA HULOPI / 131412028
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Advisor 2 / NIDN
Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Abstract
STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI GURU (Srudi kasum di Madrasyah Ibtidaiyah Muhammdiyah Unggulan kota Gorontalo) Oleh: Ramla, Hulopi1, Kadim A. Masaong2 dan Noviaty,Djafri3 Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Email: ramlahulopi@yahoo.co.id ABSTRAK Ramla Hulopi. 2017. Strategi Peningkatan Kompetensi Guru (Studi Kasus di Madrasyah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo) Skripsi : Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo 2017. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong. M.Pd, Pembimbing II: Dr. Novianty Djafri M.Pd.I. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran peningkatan kompetensi guru kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetesi kepribadian dan kompetensi profeional guru Madrasyah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dengan teknis penelitian studi kasus. Tehnik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, rekaman dan dokumentasi. Sumber data menggunakan empat informan yaitu : Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolah Bidang kurikulum, dan Dua orang guru di sekolah tersebut. Prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1). Strategi Peningkatan Kompetensi pedagogik di Madrasyah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo dengan mengadakan memahami karesteristik dengan melalui p pelatihan-pelatihan berupa seminar, diklat, Workshop juga melakukan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah secara langsung untuk memantau proses pembelajaran yang sedng berlangsung. Dan juga merancang pembelajaran dan kemampuan guru mengajar, serta guru - gurunya mengusai praktek mengajar dengan baik serta eveluasi pembelajaranya. (2). Strategi Peningkatan Kompetensi Kepribadian di Madrasayah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan kota Gorontalo melalui dalam pembinaan karakter. Dan setelah itu di implementasikan kepada seluruh siswa dalam tahap pembinaan, peminaan ini sangat bagus serta pengembangan norma-norma dilaksanakan oleh seluruh guru dan siswa seperti tatacara berbicara dan berpakain serta untuk mengembangkan karakter para siswa.(3). Strategi Peningkatan Kompetensi Sosial di Madrasayah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo Dalam hal ini melaksanakan yaitu kegitan tour mania yang bisa menambah kedekatan sosIAL bagi guru dan siswa juga para orangtua siswa. Dalah hal ini sangatlah bagus dalam membangun komunikasi terhadap guru- guru baik orangtua siswa dan Seluruh siswa, dan bisa saling kerjsama juga bertanggung jawab.(4). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Di madrasayah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo melaksanakan pengawasan dan pengontrolan secara lngsung oleh pihak sekolah bahkan ketua dean mutus elalu mendapingi juga mengepavaluasi pembelajaran. Berdasarkan upaya yang dilakukan guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan kota gorontalo untuk meningkatkan kompetensinya di antaranya dengan mengikuti Mengikuti penataran, seminar, diskusi serta memanfaatkan media cetak atau media massa. Adapun upaya kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gotontalo adalah dengan melakukan supervisi (pengawasan), mendukung ide-ide baru dari guru, mengadakan rapat, membahas masalah proses belajar mengajar, mengawasi tugas guru dan mengadakan penilaian terhadap guru juga langsung dari ketua dewan mutu. Kata Kunci :strategi kompetensi guru
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011