ESSAY

Writer / NIM
DELVIANA MOO / 131412050
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Advisor 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstract
ABSTRAK Delviana Moo. 2016. Analisis Kepuasan Mahasiswa Dalam pelayanan Akademik pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Manajemen pendidikan, Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. Arwildayanto, S.Pd., M.Pd dan Ibu Warni Tune Sumar, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelayanan akademik di Fakultas Ilmu Pendidikan ditinjau dari aspek tangible (bukti fisik), 2) pelayanan akademik di Fakultas Ilmu Pendidikan ditinjau dari aspek aspek reliability (Keandalan), 3) di Fakultas Ilmu Pendidikan ditinjau dari aspek responsiveness (daya tanggap), 4) di Fakultas Ilmu Pendidikan ditinjau dari aspek assurance (jaminan) dan 5) di Fakultas Ilmu Pendidikan ditinjau dari aspek empathy (empati). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode survei dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, yang bertujuan memberikan gambaran dan mendeskripsikan analisis kepuasan mahasiswa dalam pelayanan akademik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan akademik di Fakultas Ilmu Pendidikan ditinjau dari aspek tangible (bukti fisik) hasilnya berada pada kriteria cukup puas, aspek reliability (keandalan) hasilnya berada pada kriteria puas, aspek responsiveness (daya tanggap) hasilnya berada pada kriteria puas, aspek assurance (jaminan) hasilnya berada pada kriteria puas dan aspek empathy (empati) hasilnya berada pada kriteria puas. Disarankan kepada pihak-pikak terkait yang berhubungan langsung dengan pelayanan akademik, 1) Pimpinan kiranya dapat mengawasi dan mengevaluasi jalannya kegiatan pelayanan apakah pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan SOP yang berlaku, 2) Staf kiranya lebih memperhatikan ketersediaan sarpras yang belum memadai, 3) Dosen dalam kegiatan perkualiahan, sebaiknya ada komitmen yang jelas antara dosen dengan mahasiswa mengenai komitmen waktu perkualiahan, 4) Fakultas mengajukan beasiswa bagi mahasiswa yang benar-benar berpretasi ataupun tidak mampu, dan lebih transparan didalam perekrutan, 5) Fakultas, memberikan pelayanan yang adil kepada mahasiswa tanpa adanya perlakuan yang berbeda sebagai dampak dari kedakatan dengan petugas pelayanan, 6) Dalam pemberian pelayanan akademik, para dosen ikut pula memberikan pelayanan yang baik terutama dalam hal bimbingan skripsi dan tugas akhir serta konsultasi sebagai dosen penasehat akademik. Kata Kunci: kepuasan mahasiswa, pelayanan akademik
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011