ESSAY

Writer / NIM
NOVITA IBRAHIM / 131412056
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Advisor 2 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Abstract
ABSTRAK Novita Ibrahim, 2016. Kompetensi Guru dalam Penerapan Prinsip-prinsip Life Skill di Madrasah Aliyah Negeri Model Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing I Dr. Siti Roskina Mas MM, M.Pd, Pembimbing II Drs. Muhammad Polinggapo, S.Sos, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kompetensi guru dalam pengintegrasi etika, sosio, dan religius dalam menunjang kecakapan akademik di Madrasah Aliyah Negeri Model Kota Gorontalo, 2) mendeskripsikan kompetensi guru dalam pembelajaran learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together dalam menunjang kecakapan akademik di Madrasah Aliyah Negeri Model Kota Gorontalo, dan 3) mendeskripsikan Otonomi guru dalam pelaksanaan life skill di Madrasah Aliyah Negeri Model Kota Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) aspek kompetensi guru dalam pengintegrasi etika, sosio dan religius dalam kecakapan akademik memiliki presentase 93,98% yang berada pada kategori sangat baik, 2) aspek kompetensi guru dalam pembelajaran learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together dalam kecakapan akademik memiliki presentae 85,01% yang berada pada kategori baik, 3) aspek otonomi guru dalam pelaksanaan life skiil memiliki presentase 77,85% yang berada pada kategori baik. Penerapan prinsip-prinsip life skill di Madrasah Aliyah Negeri Model Kota Gorontalo berada pada kategori baik, sehingga perlu untuk ditingkatkan lagi. Untuk itu disarankan: 1) bagi sekolah: diharapkan agar lebih meningkatkan pelaksanaan prinsip-prinsip life skill sehingga dapat meningkatkan pengembangan life skill di Madrasah Aliyah Negeri Model Kota Gorontalo, 2) bagi guru: diharapkan agar kiranya dapat lebih meningkatkan pengetahuan, pengembangan dan penerapan life skill baik di dalam pembelajaran maupun di kegiatan life skill, sehingga prinsip-prinsip life skill dapat berjalan lebih efektif, 3) bagi siswa: diharapkan agar siswa dapat lebih mengembangkan minat dan bakat melalui pembelajaran life skill, dan 4) bagi peneliti selanjutnya: diharapkan untuk lebih memperdalam kembali penelitiannya khususnya pada aspek-aspek yang belum dikaji oleh penelitian ini, utamanya tentang penerapan prinsip-prinsip life skill. Kata Kunci: Kompetensi, Prinsip-prinsip, life skill
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011