ESSAY

Writer / NIM
MAMAD ADAM / 131412060
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Advisor 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstract
ABSTRAK Mamad Adam Nim (131 412 060). 2019. SKRIPSI "Strategi Kepala Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Di SDN 20 Limboto Kabupaten Gorontalo. Kabupaten Gorontalo. Provinsi Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Muhammad Polinggapo, S.Sos, M.Pd Pembimbing II Intan Abdul Razak, S.Ag, M.Pd Tujuan penelitan ini adalah mengatahui (1) Strategi kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan pembelajaran. (2) Strategi kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter melalui kedisiplinan. 2) Strategi kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter melalui keagamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Srategi kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran di SDN 20 Limboto dilakukan dengan menganalisis standar kompetensi/kompetensi dasar, lalu membuat RPP/silabus berkarakter, setelah itu kemudian dilakukan pembiasaan nilai-nilai karakter dan memberikan contoh teladan bagi siswa (2) Srategi kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter melalui melalui kedisiplinan di SDN 20 Limboto dilaksanakan dengan cara membiasakan siswa menaati tata tertib sekolah, menaati kode etik sekolah, dan menjaga kebersihan lingkungan serta melalui kegiatan pramuka. (3) Srategi kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter melalui melalui keagamaan di SDN 20 Limboto dilakukan melalui penanaman ketaatan pada Allah dan Rasul, pembiasaan kegiatan ibadah seperti sholat 5 waktu, baca tulis Al-Qurâan dan melalui kegiatan PHBI. Untuk itu disarankan: (1) Bagi Kepala Sekolah, lebih mengembangan proses penguatan pendidikan karakter disekolah dengan lebih meningkatkan sinergi antara kepala sekolah dengan seluruh perangkat sekolah untuk lebih meningkatkan penanaman penguatan karakter anak didik. (2) Bagi Guru, diharapkan lebih aktif dalam proses penguatan karakter serta mendukung seluruh kebijakan dari kepala sekolah yang berkaitan dengan penguatan karakter anak didik. (3) Bagi Peneliti, untuk mengembangkan metode maupun literatur atau variabel lain dalam penelitian yang berkaitan dengan penguatan pendidikan karakter anak didik sehingga diperoleh penelitian yang lebih baik. Kata kunci : Strategi, kepala sekolah, penguatan karakter
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011