ESSAY

Writer / NIM
SANTI DJAFAR / 131413010
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Advisor 2 / NIDN
Dr. Hj. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Abstract
ABSTRAK Santi Djafar, Nim. 131413010 "Tingkat Kesulitan Sekolah Dalam Pengelolaan Dapodik Disekolah Dasar Negeri Se-kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo". Pembimbing I Prof. Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc dan pembimbing II Dr. Hj. Fory A. Naway, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kesulitan sekolah dalam pengumpulan dapodik di SD Negeri Sekecamatan Kota Barat Kota Gorontalo. (2) tingkat kesulitan sekolah dalam pengelolaan dapodik di SD Negeri Sekecamatan Kota Barat Kota Gorontalo. (3) tingkat kesulitan sekolah dalam penyajian dapodik di SD Negeri Sekecamatan Kota Barat Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Deskriptif eksplanatori. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) tingkat kesulitan sekolah dalam pengumpulan dapodik di SD Negeri Sekecamatan Kota Barat Kota Gorontalo berada pada kategori kurang sulit, (2) tingkat kesulitan sekolah dalam pengelolaan dapodik di SD Negeri Sekecamatan Kota Barat Kota Gorontalo berada pada kategori cukup sulit. dan (3) tingkat kesulitan sekolah dalam penyajian dapodik di SD Negeri Sekecamatan Kota Barat Kota Gorontalo berada pada kategori cukup sulit. Tingkat kesulitan sekolah dalam pengelolaan data pokok pendidikan di SD Negeri Sekecamatan Kota Barat Kota Gorontalo berada pada kategori cukup sulit, sehingga sekolah perlu memaksimalkan lagi kebutuhan pengelolaan dapodik. Untuk itu disarankan: (1) Bagi kepala sekolah diharapkan agar lebih diperhatikan lagi apa-apa saja kendala dalam pengelolaan dapodik seperti untuk akses internetnya yang ada disekolah diperlancar atau kapasitas jaringannya ditambah. (2) Bagi guru: untuk pendidik/guru harus lebih aktif juga dalam hal pengelolaan ini dimana guru diharapkan agar memperhatihkan biodata guru yang akan diberikan kepada operator agar tidak menyebabkan kesalahan dalam penginputan data dan guru juga tidak boleh malas dalam memberikan biodata atau data yang akan diminta dan diisi dalam dapodik, guru juga harus memperhatikan biodata yang diberikan oleh peserta didik apakah sudah sesuai atau sudah akurat. (3) Bagi peneliti berikutnya: diharapkan lebih memperdalam kembali penelitianya khususnya pada hal - hal yang belum dikaji oleh peneliti atau belum diketahui oleh peneliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Tingkat Kesulitan, Pengelolaan Dapodik
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011