ESSAY

Writer / NIM
HIJRA LADERI / 131413087
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Advisor 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstract
Hijra Laderi. 2017. Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dalam Pelayanan Akademik Di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi. Pembimbing I Prof. Dr. Abd Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Besse Marhawati, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa dalam pelayanan perkuliahan, pelayanan administrasi akademik, dan pelayanan bimbingan akademik di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksplanatori. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Tingkat kepuasaan mahasiswa dalam pelayanan perkuliahan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo berada pada kategori cukup baik, 75.10% 2) Tingkat kepuasaan mahasiswa dalam pelayanan administrasi akademik di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo berada pada kategori cukup baik, 73.07% 3) Tingkat kepuasaan mahasiswa dalam pelayanan bimbingan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo berada pada kategori cukup baik. 74.99% Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan : 1) Pimpinan Fakultas : meningkatkan perhatian dalam pengadaan dan perbaikan sarana perkuliahan, menambah jumlah ruang kelas untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan jumlah mahasiswa, memberlakukan hukuman yang tegas terkait dengan aturan pelaksanan UTS/UAS bagi mahasiswa dalam penggunaan seragam hitam putih, 2) Ketua Jurusan/Prodi : menyediakan papan informasi, mendorong dosen penasehat akademik untuk mengadakan temu PA setiap bulannya, 2) Dosen : memberikan pelayanan yang baik kepada mahasiswa meskipun ditengah kesibukkan, membuat program kerja untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa diluar perkuliahan, meningkatkan komitmen dalam melaksanakan aturan dan tata tertib perkuliahan, 4) Pegawai, diharapkan lebih tanggap dalam memberikan pelayanan baik yang berkaitan dengan keluhan dan pengurusan administrasi, 5) Mahasiswa : meningkatkan komitmen dalam mempertahankan keadaan sarana perkuliahan yang ada saat ini, meningkatkan perhatian terhadap aturan yang berlaku dalam pelaksanaan perkuliahan, 6) Peneliti lainnya, dapat mengembangkan penelitian ini untuk lokasi yang berbeda. Kata Kunci : Tingkat Kepuasan Mahasiswa, Pelayanan Akademik â
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011