ESSAY

Writer / NIM
ARECTAVIANY OLLY HASAN / 131414014
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Advisor 2 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstract
ABSTRAK Arectaviany Olly Hasan 2018. "kebijakan sekolah ramah anak (studi kasus di sekolah menengah atas negeri satu Telaga Kabupaten Gorontalo)". Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan, Pembimbing I Dr. Fory Naway M.Pd dan Pembimbing II Dr. Arwildayanto, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) Rumusan kebijakan sekolah ramah anak di SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo, (2) program pelayanan sekolah ramah anak di SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo, (3) prosedur pelayanan sekolah ramah anak di SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo, (4) sistim pelayanan sekolah ramah anak di SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo, (5) strategi pelayanan sekolah ramah anak di SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Tehnik pengumpulan data dan sumber data di lakukan melalui : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian (1) rumusan kebijakan sekolah ramah anak di SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo dilaksanakan berdasarkan SK Kepala Sekolah No. 47/.3/SMA.010.TLG/03, Visi, Misi sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, melalui pembelajaran lingkungan hidup, dan terciptanya lingkungan sekolah yang bersih, dan nyaman. (2) program pelayanan sekolah ramah anak di SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Melalui program budaya lingkungan hidup, mewujudkan suasana belajar, ketersedian pusat informasi, memperdayakan potensi siswa. (3) prosedur pelayanan sekolah ramah anak di SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo melalui keterlibatan pelaksanaan program yakni: pelayanan melalui lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. (4) sistim pelayanan sekolah ramah anak di SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo yakni melalui program sekolah yang sesuai, lingkungan sekolah yang mendukung, sarana dan prasarana, iklim akademik sekolah. (5) strategi pelayanan sekolah ramah anak di SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo, melalui menciptakan ruang bagi siswa, menyelenggarakan pembelajaran secara sistematis, sekolah menciptakan suasana yang kondusif. Saran : (1) untuk sekolah diharapkan lebih meningkatkan kualitas layanan bagi sisswa sehingga mampu menciptakan ruang bagi siswa yang dan pembelajaran secara sistematis dan berkesenambungan. (2) untuk kepala sekolah diharapkan dapat menfasilitasi ketersedian pusat-pusat informasi yang layak bagi siswa, sehingga siswa dapat memudahkan dalam mengakses informasi sehingga mampu menciptakan lingkungan yang edukatif tempat siswa mengembangkan kreativitas sesuai dengan bakatnya masing-masing (3) untuk guru diharapkan dapat menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang mampu memfasilitasi siswa berperilaku terpelajar di tampilkan dalam bentuk pencapaian prestasi akademik dan non akademik. Kata kunci : Kebijakan Sekolah, Kualitas Layanan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011