ESSAY

Writer / NIM
SUPRIANTO NAIDI / 131414038
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Advisor 2 / NIDN
ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstract
ABSTRAK Suprianto Naidi Nim (131 414 038). 2019. SKRIPSI "Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran Berbasis Lingkungan Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo. Kota Gorontalo. Provinsi Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof, Dr, Abd Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Arifin, M.Pd Tujuan penelitan ini adalah mengatahui (1) bagaimana perencanaan pembelajaran berbasis lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo. (2) bagaimana implementasi pembelajaran berbasis lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo (3) bagaimana evaluasi pembelajaran berbasis lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo. (4) bagaimana tindak lanjut evaluasi pembelajaran berbasis lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif explanatori. Subjek penelitian yaitu guru di Madrasah Ibyidaiyah Muhammadiyah Gorontalo yang berjumlah 38 orang responden. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran berbasis lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo berada pada kategori baik, (2) implementasi pembelajaran berbasis lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo berada pada kategori baik, (3) evaluasi pembelajaran berbasis lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo berada pada kategori cukup baik, (4) tindak lanjut pemberlajaran berbasis lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo berada pada kategori baik. Untuk itu disarankan: (1) kepala sekolah memberikan dukungan penuh dan motivasi kepada guru dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran berbasis lingkungan. (2) guru senantiasa mengembangkan kemampuan diri untuk menambah wawasan dan pengetahuan, dan kreatifitas dalam pemberian materi pembelajaran berbasis lingkungan. (3) sekolah menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang diperlukan dalam mendukung proses pembelajaran berbasis lingkungan. (4) siswa lebih berperan aktif dengan menyampaikan ide atau pemikirannya pada proses pembelajaran berbasis lingkungan. Kata kunci : Kemampuan Guru, Pembelajaran Berbasis Lingkungan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011