ESSAY

Writer / NIM
LISRIYATU LIBUNELO / 131414047
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Advisor 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstract
ABSTRAK Lisriyatu Libunelo. 2018. Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran Scientific Approach di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing (I) Prof. Dr. Phil Ikhfan Haris, M.Sc, Pembimbing (II) Warni Tune Sumar, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam : (1) merencanakan pembelajaran scientific approach,(2) melaksanakan pembelajaran scientific approach, (3) mengevaluasi pembelajaran scientific approach, (4) menindaklanjuti pembelajaran scientific approach. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formula persentsase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam: (1) merencanakan pembelajaran scientific approach berada pada kategori baik, (2) melaksanakan pembelajaran scientific approach berada pada kategori baik, (3) mengevaluasi pembelajaran scientific approach berada pada kategori baik, (4) menindaklanjuti pembelajaran scientific approach berada pada kategori baik. Untuk itu disarankan: (1)Bagi Kepala Sekolah, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran scientific approach masih perlu ditingkatkan melalui pelatihan profesi guru khususnya pada wadah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).(2) Bagi guru, diharapkan lebih memaksimalkan langkah-langkah scientific approach khususnya pada langkah menyimpulkan pembelajaran. (3) Bagi siswa, diharapkan dapat menaati segala aturan yang telah ditetapkan oleh sekolah agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik.(4) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengadakan penelitian yang lebih mendalam mengenai pembelajaran scientific approach dalam kurikulum 2013. Kata Kunci : Kemampuan Guru, Pembelajaran Scientific Approach
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011