ESSAY

Writer / NIM
SINTYAWATI KAABA / 131414051
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Advisor 2 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstract
ABSTRAK Sintyawati Kaaba. 2018. "Kepemimpinan Berbasis Budaya Religius di MI Terpadu Al-Ishlah Gorontalo". Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Arwildayanto, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penyusunan program sekolah berbasis budaya religius, (2) pelaksanaan kegiatan berbasis budaya religius, (3) nilai-nilai yang diterapkan dalam kepemimpinan berbasis budaya religius, (4) habituasi warga sekolah dalam penerapan budaya religius. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data memperpanjang kehadiran peneliti di lokasi penelitian, observasi yang mendalam, triangulasi sumber dan triangulasi metode/teknik serta membercheek. Hasil penelitian menunjukkan (1) penyusunan program sekolah berbasis budaya religius antara lain kepala sekolah melakukan perencanaan pada awal semester untuk membuat program kegiatan sekolah dengan melibatkan personel sekolah yaitu guru dan karyawan, (2) pelaksanaan program kegiatan berbasis budaya religius antara lain kegiatan harian, kegiatan mingguan, kegiatan bulanan, dan kegiatan tahunan yang melibatkan guru, orang tua siswa dan pemerintah, (3) nilai-nilai yang diterapkan antara lain nilai religiusitas, nilai nasionalisme, nilai gotong royong, nilai kemandirian, nilai integritas, (4) habituasi warga sekolah dengan melakukan murojaah hafalan, puasa senin kamis, liqa, sholat dhuha, sholat dzuhur, dan sebagainya. Untuk itu disarankan (1) bagi kepala sekolah agat lebih meningkatkan lagi budaya religius serta prestasi-prestasi yang ada di MI Terpadu Al-Ishlah Gorontalo dan menjalankan selalu program tersebut agar memudahkan warga sekolah dalam mengembangkan pemahaman mengenai agama islam, (2) bagi guru dapat memanfaatkan sebagai perbaikan untuk proses belajar mengajar di kelas serta membantu siswa dalam memiliki kemampuan yang lebih unggul (3) bagi siswa agar tetap dapat melakukan pembiasaan dalam meningkatkan budaya religius, dan (4) bagi peneliti lain bisa menjadi referensi atau bahan pertimbangan Kata Kunci: Kepemimpinan, Budaya Religius
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011