ESSAY

Writer / NIM
RISKI AMALIA DJAFAR / 131414059
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Advisor 2 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstract
ABSTRAK Riski Amalia Djafar. 2018. " Stategi Sekolah Dalam Penguasaan Soft Skill Siswa di SMK N 1 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing (I) Prof. Dr. Phil. H. Ikhfan Haris, M.Sc dan Pembimbing (II) Dr. Arwildayanto, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk memperoleh gambaran mengenai strategi soft skill siswa di SMK Negeri 1 Gorontalo. 2) Untuk mengetahui bagaimana prosedur pelaksanaan pengusaan soft skill siswa di SMK Negeri 1 Gorontalo. 3) Untuk memperoleh gambaran strategi evaluasi soft skill siswa di SMK Negeri 1 Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SMK N 1 Gorontalo menunjukkan bahwa: gambaran mengenai strategi soft skill di SMK N 1 Gorontalo dimana strategi penguasaan soft skill terhadap siswa begitu banyak program-program yang sudah dibuat oleh pihak sekolah. Program tersebut seperti perbaikan visi misi, mengikutkan guru-guru dalam kegiatan workshof untuk menambahkan pengetahuan guru agar bisa membimbing siswa agar lebih kompettitif, dan program ekstrakurikuler guna menambah wawasan buat siswa agar lebih matang dalam mengusai kompetensi keahlianya. Program strategi pelaksanaan soft skill yang dilakukan oleh pihak sekolah seperti melaksanakan program pendekatan karakter, ekstrakurikuler, dan pengaturan tata tertib sekolah. Inplementasi satrategi pengembangan soft skill terhadap siswa sangat diperhatikan oleh pihak sekolah. Sehingga pihak sekolah berharap siswa betul mempunya soft skill yang mereka bisa andalkan ketika selesai sekolah.Gambaran strategi evaluasi soft skill siswa di SMK Negeri 1 Gorontalo Salah satu cara dalam mengukur soft skill terhadap siswa di SMK N 1 Gorontalo dalam bidang keahlianya seperti ketercapaian nilai standar yang ditetapkan oleh pihak sekolah saat siswa sedang kerja praktek diluar sekolah. Selain itu, evaluasi yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam mengukur keberhasilan siswa dengan cara merekrut siswa yang memiliki kompetensi guna akan akan mewakili sekolah dalam ajang perlombaan. Prestasi yang didapatkan oleh siswa-nya akan menjadi tolak ukur apakah siswa sudah sangat kompeten dibidangnya masing-masing. Peneliti menyarankan kepada piha-pihak terkait, 1) Siswa kiranya tetap selalu mengasah soft skill mereka agar bisa bersaing di Dunia kerja. 2) Sekolah kiranya tetap mempertahankan program-program yang sudah dibuat dalam mendukung ketercapaian soft skill terhadap siswa/i agar mereka bias kompeten dibidang keahlianya mereka masing-masing. 3) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga agar membuat program yang dapat meningkatkan soft skill terhadap siswa/i di SMK. Kata Kunci: Siswa, SMK N 1 Gorontalo, Soft Skill
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011