ESSAY

Writer / NIM
MUHAMAD CAESAR MUSA / 131415009
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Advisor 2 / NIDN
Prof. Dr. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Abstract
ABSTRAK Muhamad Caesar Musa, 2020. Evaluasi Program Sekolah Ramah Anak di SDN 2 Tabongo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Majemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo:Pembimbing I : Dr Sitti Roskina Mas MM,M.Pd dan Pembimbing II : Dr. Hj. Fory Armin Nawai, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ketercapaian perencanan program sekolah ramah anak (2) keberhasilan pelaksanaan program sekolah ramah anak, dan (3) hasil monitoring dan evaluasi program sekolah ramah anak di SDN 2 Tabongo Kabupaten Gorontalo. Penelitian adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan model goal attainment. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, komite sekolah, orang tua siswa dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan wawancara, angket, observasi dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian memperoleh : (1) Hasil capaian perencanaan program sekolah ramah anak tercermin pada indikator melakukan persiapan dan menyediakan peraturan perundang-undangan. Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata ideal sebesar 24 dan skor rata-rata capaian sebesar 22 atau 92% dan kategori amat baik. Hasil ini menunjukkan sebagian besar atau seluruh indikator terpenuhi disarankan menyebarluaskan program kepada sekolah lain. (2) keberhasilan pelaksanaan program sekolah ramah anak tercermin pada beberapa indikator (a) Kebijakan sekolah ramah anak, (b) Pelaksanaan pembelajaran, (c) Ketersediaan sarana dan prasarana sekolah, (d) Partisipasi anak (e) Pendidik dan Tenaga Kependidikan terlatih KHA (f) Peranserta komite sekolah, (g) Peranserta orang tua di sekolah. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa skor rataƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚"rata ideal sebesar 29 dan skor rata-rata capaian diperoleh sebesar 25 atau 85% dan kategori baik. Hasil ini menunjukkan sebagian besar indikator pelaksanaan program sekolah ramah anak terpenuhi disarankan menyebarluaskan program kepada sekolah lain, dan (3) Hasil monitoring dan evaluasi program sekolah ramah anak tercemin pada indikator monitoring dan evaluasi dan tindaklanjut hasil evaluasi. Hasil pengolahan data diperoleh skor ideal rata-rata sebesar 24 dan skor rata-rata capaian sebesar 20 atau 84% dan kategori baik. Hasil ini menunjukkan bahwa sebagian besar indikator pelaksanaan program sekolah ramah anak terpenuhi disarankan menyebarluaskan program kepada sekolah lain. Kata Kunci: sekolah ramah anak, goal attainment
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011