ESSAY

Writer / NIM
NUR YUNISAH AHMAD / 131415026
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Advisor 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstract
NUR YUNISAH AHMAD. 2022. Analisis Kinerja Lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan di Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Sitti Roskina Mas, M.Pd., M.M dan Pembimbing II Dr. Arifin Suking, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja lulusan manajemen pendidikan di Kabupaten Bone Bolango yang ditinjau dari: (1) Integritas (etika dan moral); (2) Keahlian berdasarkan bidang ilmu (profesionalisme); (3) Kemampuan bahasa asing (bahasa Inggris); (4) Kemampuan penggunaan teknologi informasi; (5) Kemampuan komunikasi; (6) Kemampuan kerjasama tim; (7) Kemampuan pengembangan diri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Jumlah subjek penelitian sebesar 30 orang pengguna lulusan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formula persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan pengguna lulusan pada aspek: (1) Integritas (etika dan moral) berada pada kategori baik; (2) Keahlian berdasarkan bidang ilmu (profesionalisme) berada pada kategori baik; (3) Kemampuan bahasa asing (bahasa Inggris) berada pada kategori sangat tidak baik; (4) Kemampuan penggunaan teknologi informasi berada pada kategori cukup baik; (5) Kemampuan komunikasi berada pada kategori baik; (6) Kemampuan kerjasama tim berada pada kategori baik; (7) Kemampuan pengembangan diri berada pada kategori baik. Untuk itu disarankan: (1) Bagi Universitas Negeri Gorontalo, hendaknya untuk dapat meningkatkan kerjasama secara berkelanjutan dengan pihak praktisi dunia kerja sehingga kurikulum yang di berlakukan senantiasa relevan dengan kebutuhan kerja saat ini; (2) Bagi Program Studi Manajemen Pendidikan FIP UNG, hendaknya meningkatkan aspek kemampuan berbasa asing (Bahasa Inggris) dengan khususnya pada membaca, mendengar, berbicara dan menulis sehingga dapat dihasilkan lulusan yang memiliki kemampuan berbasa asing yang handal. Disamping itu pula, kemampuan penggunaan teknologi dan informasi perlu ditingkatkan sehingga lulusan yang dihasilkan tidak hanya menguasai Bahasa Inggris namun juga memiliki skill yang tinggi dalam mengoperasikan berbagai perangkat IT; (3) Bagi Stakeholder, khusunya dari pihak pemerintah agar dapat melakukan kerjasama dan sinergi agar dapat dihasilkan kualitas mutu pendidikan tinggi yang dapat menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara global; (4) Bagi Lulusan, hendaknya untuk lebih giat dalam mengasah dan melatih kemampuan Bahasa Inggris dengan mengikuti kursus, mapun belajar secara mandiri sehingga kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki jauh lebih berkembang. Kata kunci: Kinerja lulusan, Manajemen Pendidikan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011