ESSAY

Writer / NIM
HARIYANTO U. KADIR / 131415084
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Advisor 2 / NIDN
SULKIFLY, S.E., M.Pd / 0011129103
Abstract
ABSTRAK Hariyanto U. Kadir. 2022. Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Organisasi Sekolah di SMK Negeri 1 Dungaliyo. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan Program Studi Manajemen Pendidikan, Pembimbing (1) Dr. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd. dan Pembimbing (II) Sulkifly, S.E., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. (1) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan sumber daya manusia, (2) bagaimana proses yang di lakukan dalam melayani pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan dalam penelitain ini berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Dokumentasi dalam penelitian ini berupa gambar saat melakukan wawancara, struktur organisasi, visi misi sekolah, prestasi peserta didik, program kegiatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1 Pengembangan sumber daya manusia di SMK Negeri 1 Dungaliyo, selaku manajerial kepala sekolah selalu memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti pelatihan baik dukungan dari segi biaya maupun motivasi, kepala sekolah melakukan supervisi dalam pembelajaran untuk menilai kompetnsi mengajar guru dan masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, kemudian kepala sekolah melakukan beberapa upaya dalam mengahsilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia indistri dan kerja yaitu dengan melaksanakan program prakerin atau magang dan ujian kompetensi. (2) Proses yang dilakukan dalam melayani pelanggan di SMK Negeri 1 Dungaliyo, selaku manajerial kepala sekolah melakukan penjaminan kualitas untuk kebutuhan siswa dalam proses pendidikan dengan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti pelatihan serta pemenuhan kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran. Kemudian kepala sekolah melakukan penilaian tingkat kepuasan pelanggan dengan melihat bertambahnya jumlah siswa ditiap tahun tahun mendatang. Selaku manajerial sekolah, kepala sekolah percaya bahwa dengan bertambahnya jumlah siswa menandakan bahwa pelayanan yang diberikan pihak sekolah sudah optimal. Kata Kunci: Kompetensi, Manajerial, Kepala Sekolah, Organisasi Sekolah
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011