Writer / NIM
SITI MARUYA DAUD / 131416015
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Advisor 2 / NIDN
Prof. Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstract
ABSTRAK
Siti Maruya Daud. 2022. SKRIPSI. Ā¢"Program Pendidikan Karakter Di Lingkungan SMP Negeri 1 KaidipangĀ¢. Program Studi Manajemen Pendidikan, Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Fory Armin Nawai, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Arwildayanto, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui (conteks) program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang, (2) untuk mengetahui masukan (input) program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang, (3) untuk mengetahui proses (process) program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang, (4) untuk mengetahui produk (product) program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi model CIPP, dengan jumlah subjek penelitian yaitu 22 orang, teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner (angket). Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formulasi persentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) konteks (context) program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang berada pada kategori sangat baik atau terpenuhi dengan baik, (2) masukan (input) program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang berada pada kategori sangat baik atau terpenuhi dengan baik, (3) proses (process) program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang berada pada kategori sangat baik atau terpenuhi dengan baik, (4) produk (product) program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang berada pada kategori sangat baik atau terpenuhi dengan baik.
Saran : (1) Bagi Dinas Pendidikan diharapkan meningkatkan kepedulian dan mampu memeperhatikan serta mendistribusikan dana dalam pendidikan karakter di sekolah khususnya SMP Negeri 1 Kaidipang sehingga berdampak pada peningkatan kualitas dan prestasi sekolah, (2) Bagi Kepala Sekolah diharapkan menjadi tauladan dan pelopor sehingga sekolah akan lebih mudah dalam melaksanakan dan mengawasi jalannya kegiatan pendidikan karakter secara efektif dan efisien, (3) Bagi peneliti diharapkan untuk lebih mengkaji mengenai evaluasi pendidikan karakter yang belum dikaji pada penelitian ini dan memperluas pengetahuan.
Kata Kunci: Evaluasi, Pendidikan Karakter.
Download files