ESSAY

Writer / NIM
ROSVINA TOLINGGILO / 131416018
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Advisor 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstract
ABSTRAK Rosvina Tolinggilo. 2020. Hubungan Kompetensi Profesional Guru, Lingkungan Sosial Sekolah dengan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Kota Timur. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc dan Pembimbing II Dr. Warni Tune Sumar, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar siswa di SDN Se-Kecamatan Kota Timur.(2) hubungan lingkungan sosial sekolah dengan motivasi belajar siswa di SDN Se-kecamatan Kota Timur. (3) hubungan kompetensi profesional guru dengan lingkungan sosial sekolah di SDN Se-kecamatan Kota Timur. (4) hubungan kompetensi profesional guru, lingkungan sosial sekolah dengan motivasi belajar siswa di SDN Se-kecamatan Kota timur. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan teknik korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa:(1)Kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar siswa memiliki hubungan yang positif dengan koefisien koreasi 0,27 atau 27%, (2) Lingkungan Sosial sekolah dengan motivasi belajar siswa dengan koefisien korelasi 0,51 atau 51%, (3) Kompetensi profesional guru dengan lingkungan sosial sekolah dengan koefisien koreasi 15,73 atau 1573%, (4) Kompetensi profesional guru, lingkungan sosial sekolah dengan motivasi belajar siswa dengan koefisien korelasi 0,3 atau 3%. Untuk itu disarankan: (1) Kepada pihak kepala sekolah agar dapat menyediakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan serta sarana-prasarana yang menunjang dalam kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan motivasi belajar, (2) Pihak guru diharapkan guru meningkatkan kemampuan kompetensi profesionalnya, (3) Siswa diharapkan untuk dapat meningkatkan motivasi belajar di sekolah, (4) Bagi Peneliti diharapkan lebih variatif dalam mengembangkan penelitian variabel-variabel lain yang dapat berhubungan dengan motivasi belajar siswa, tidak hanya terbatas pada variabel kompetensi profesional guru. Kata Kunci:Kompetensi Profesional Guru, Lingkungan Sosial Sekolah dengan Motivasi Belajar Siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011