Writer / NIM
						IIS SAFITRI MOKODOMPIT / 131416090
						Study Program
						S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
						Advisor 1 / NIDN
						Prof. Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
						Advisor 2 / NIDN
						Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
						Abstract
						ABSTRAK
Iis Safitri Mokodompit. 2020. ..."Keefektifan Proses Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan, Jurusan Administrasi Pendidikan. Pembimbing I Prof. Dr. Noviyanti Djafri, M.Pd.I dan Pembimbing II Dr. Arwildayanto, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Keefektifan dukungan fasilitas dalam proses pembelajaran, (2) Keefektifan dukungan orang tua / masyarakat dalam proses pembelajaran, (3) Keefektifan aspek penilaian pada proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif explanatory. Teknik pengumpulan data melalui observasi pengamatan, kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis yang digunakan terhadap data yang terkumpul adalah metode statistika dengan menggunakan persentase (%) dengan menggunakan 5 kriteria yang sudah ditentukan. 
Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa : (1) dukungan fasilitas dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo termasuk dalam kategori efektif, (2) dukungan orang tua / masyarakat dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo termasuk dalam kategori sangat efektif, (3) aspek penilaian pada proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo termasuk dalam kategori sangat efektif.
Saran dari peneliti adalah (1) Bagi Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo diharapkan dibagian (a) Perpustakaan diharapkan dapat memperluas ruang perpustakaannya lagi agar penggunaan ruang perpustakaan menjadi maksimal sesuai dengan jadwal yang dibuat. (b) Lebih ditingkatkan lagi kapasitas website madrasah agar tidak selalu down karena dengan situasi yang sekarang pembelajarannya menggunakan sistem daring sangat dibutuhkan server website yang kapasitas tinggi. (2) Bagi guru, selalu meningkatkan kompetensinya dan selalu mencari  inovasi dalam setiap proses pembelajaran, agar proses pembelajaran yang dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat meningkatkan keaktifan siswa.(3) Bagi peneliti, diharapkan agar dapat memperluas lagi pengetahuan dan pemahaman mengenai efektivitas proses pembelajaran sesuai dengan kaidah-kaidah dan aturan yang berlaku, utamanya dalam dukungan fasilitas, dukungan orang tua serta aspek penilaian.
Kata Kunci : Keefektifan,Proses Pembelajaran
						Download files