ESSAY

Writer / NIM
SITI MAGFIRA DUNGGIO / 131417015
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Advisor 2 / NIDN
ZULYSTIAWATI, S.S.,M.Ed., PhD / 0008038306
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang: (1) Nilai-nilai budaya kerja tenaga kependidikan; (2) Perilaku budaya kerja tenaga kependidikan; (3) Wujud budaya kerja tenaga kependidikan; (4) Peran pimpinan dalam budaya kerja tenaga kependidikan; (5) Tantangan dalam budaya kerja tenaga kependidikan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Temuan penelitian menunjukan: (1) Nilai-nilai budaya kerja tenaga kependidikan mengadopsi lima nilai-nilai budaya kerja yang berasal dari Kementrian Agama RI; (2) Perilaku budaya kerja tenaga kependidikan berpegang teguh pada motto kementrian agama ikhlas beramal; (3) Wujud budaya kerja tenaga kependidikan terlihat dalam wujud artifact yakni benda-benda yang bernilai seperti denah sekolah, bentuk bangunan madrasah, wujud espoused values ada visi dan misi madrasah, dan wujud assumptions dalam bentuk keyakinan tenaga kependidikan dan keterkaitan perasaan tenaga kependidikan dengan madrasah; (4) Peran pimpinan dalam budaya kerja tenaga kependidikan sudah dapat menumbuhkan dan membentuk sikap tenaga kependidikan yang berorientasi pada tujuan madrasah, membangkitkan komitmen dan memotivasi kerja yang tinggi, hingga memberikan identitas bagi para bawahan; (5) Tantangan dalam budaya kerja tenaga kependidikan datang dari budaya internal organisasi berupa kerjasama yang belum optimal antar pendidik dan tenaga kependidikan, maupun dari budaya eksternal organisasi seperti penggunaan teknologi yang menuntut serba cepat mengharuskan tenaga kependidikan memiliki pengetahuan lebih dibidang teknologi informasi dan komunikasi. Untuk itu disarankan (1) Pengelolaan sumber daya manusia di madrasah perlu memaksimalkan fungsi manajerial; (2) Kepala Madrasah, disarankan lebih memaksimalkan pendekatan yang diyakini kepada bawahan; (3) Pendidik dan tenaga kependidikan diharapkan dapat meningkatkan kerjasama secara maksimal. Kata Kunci: budaya kerja, tenaga kependidikan.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011