ESSAY

Writer / NIM
SARTIN MOOTALU / 131417025
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ANSAR / 0007066002
Advisor 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstract
Sartin Mootalu. 2021. Studi Komparatif Prestasi Belajar Mahasiswa Penerima Beasiswa Di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi. Pembimbing I Prof. Dr. H. Ansar, S.Pd M.Si dan Pembimbing II Dr. Besse Marhawati, S.Pd M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) prestasi belajar mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi, (2) prestasi belajar mahasiswa penerima beasiswa PPA, dan (3) perbedaan prestasi belajar mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dan PPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Rata-rata nilai IPK mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi angkatan 2018 diperoleh 3,64 dan mahasiswa penerima beasiswa PPA diperoleh 3,59. Dan hasil uji one way anova (anova satu jalur) nilai IPK mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dan PPA angkatan 2018 diperoleh 2,95 ƒ‚ 6,83. (2) Rata-rata nilai IPK mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi angkatan 2019 diperoleh 3,62 dan mahasiswa penerima beasiswa PPA diperoleh 3,56. Dan hasil uji one way anova (anova satu jalur) nilai IPK mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dan PPA angkatan 2019 diperoleh 6 ƒ‚ 6,82. (3) Berdasarkan uji One Way Anova (anova satu jalur) ditemukan hasil bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dan PPA angakatan 2018 dan angkatan 2019 tahun akademik 2020/2021. Untuk itu disarankan : (1) Bagi lembaga : diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam meningkatkan prestasi akademik bagi mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dan mahasiswa penerima beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA). (2) Bagi mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dan PPA : diharapkan bagi penerima beasiswa Bidikmisi dan penerima beasiswa PPA untuk dapat mempertahankan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang telah diperoleh selama proses perkuliahan di perguruan tinggi. (3) Bagi mahasiswa bukan penerima beasiswa : diharapkan mahasiswa tetap semangat dan tidak berputus asa dalam belajar dengan tujuan untuk meningkatkan prestasinya sehingga bisa mendapatkan kesempatan yang sama menjadi penerima beasiswa. (4) Bagi peneliti selanjutnya : diharapkan penelitian ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan serta bisa membantu kelancaran proses penelitian bagi peneliti selanjutnya. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa PPA.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011