ESSAY

Writer / NIM
FEYBI INDRIANI M. HUSAIN / 131417044
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Advisor 2 / NIDN
ZULYSTIAWATI, S.S.,M.Ed., PhD / 0008038306
Abstract
ABSTRAK Feybi Indriani M. Husain. 2023. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Student Wellbeing di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Sarjana Universitas Negeri Gorontalo, pembimbing (1) Dr. Arifin, S.Pd, M.Pd dan pembimbing (2) Zulystiawati, M.Ed, PhD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) program kepala sekolah dalam mewujudkan student wellbeing, (2) implementasi program kepala sekolah dalam mewujudkan student wellbeing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi. Analisis data menggunakan alur (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui (1) kredibilitas. Kredibilitas dilakukan melalui triangulasi sumber dan triangulasi metode. (1) Program kepala sekolah dalam mewujudkan student wellbeing dibidang akademik adalah dengan tercapainya target kurikulum yaitu peningkatan kompetensi yang dimiliki siswa dibidang akademik dan meningkatkan prestasi siswa melalui kegiatan dibidang non akademik seperti olimpiade sains dan FLS2N, program pembinaan karakter serta kearifan lokal. (2) Implementasi program kepala sekolah dalam mewujudkan student wellbeing dengan memberikan bimbingan dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru dalam pengelolaan pembelajaran sehingga menghasilkan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Untuk disarankan kepada: (1) Kepala sekolah: dengan adanya program student wellbeing yang merupakan paradigma baru dalam pendidikan dan merupakan program sekolah penggerak harus lebih memahami lagi berbagai inovasi dalam bidang pendidikan agar memberikan dampak positif bagi guru dan siswa. (2) Guru: proses pembelajaran guru diharapkan menggunakan metode yang mendukung pembelajaran student center atau berpusat pada siswa, sehingga siswa tidak hanya menjadi pendengar tetapi bisa juga menjadi narasumber. (3) Siswa: hendaknya terus mengasah, prestasi baik dibidang akademik maupun non akademik melalui berbagai kegiatan yang ada di sekolah. Kata Kunci: kepemimpinan kepala sekolah, student wellbeing
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011