ESSAY

Writer / NIM
WULANDARI PARANAKA / 131418078
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Advisor 2 / NIDN
SULKIFLY, S.E., M.Pd / 0011129103
Abstract
ABSTRAK WULANDARI PARANAKA. 2022 Persepsi Siswa Terhadap Kemampuan Komunikasi Guru Dalam Manajemen Kelas online dan Offline di SMA Negeri 4 Gorontalo. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Novianty Djafri, M.Pd.I. dan Pembimbing II Sulkifly, S.E, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kemampuan komunikasi guru dalam manajemen kelas online dan offline di SMA Negeri 3 Gorontalo, Pada aspek: (1) kemampuan komunikasi verbal pada manajemen kelas online dan offline di SMA Negeri 4 gorontalo. (2) kemampuan komunikasi nonverbal pada manajemen kelas online dan offline di SMA Negeri 4 gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Jumlah sampel penelitian sebesar 57 orang siswa yang terdiri dari kelas XII IPA 1, XII IPA 2, XIII IPA 3, XII IPA 4, XII IPS 1, XII IPS 2, XII IPS 3, dan XII IPS 4. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner angket, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik analisis deskriptif dengan formula presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan komunikasi verbal guru pada manajemen kelas online dan offline berada pada kategori baik, dengan presentase 88,38%; (2) kemampuan komunikasi verbal guru pada manajemen kelas online dan offline berada pada kategori baik, dengan presentase 86,31%, sehingga total keseluruhan skor indikator dengan jumlah rata-rata 247,29 atau 87,34% dengan kategori baik. Untuk itu disarankan: (1) Bagi Sekolah, sebaiknya melakukan koordinasi dengan guru untuk meningkatkan lagi kemapuan komunikasi verbal dan nonverbal terutama pada kemampuan berbicara dengan tempo yang tepat, melakukan perencanaan dalam pembelajaran penggunaan ekspresi wajah, sentuhan dan penggunaan simbol, agar proses komunikasi antara guru dan siswa baik secara verbal dan nonverbal bisa lebih meningkat sangat baik. (2) Bagi guru, hendaknya untuk lebih meningkatkan lagi kemampuan dan kompetensi khususnya dalam komunikasi verbal dan nonverbar, baik itu online maupun offline, sehingga hal ini nantinya dapat membatu guru untuk lebih baik lagi dalam menjalankan dan mengelolah manajemen kelas. Kata Kunci : komunikasi verbal, komunikasi nonverbal
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011