ESSAY

Writer / NIM
PEBRIONO HANGGULE / 151407073
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstract
ABSTRAK Pebriono Hanggule. NIM. 151407073. 2012. Pengaruh Aktivitas Belajar Di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Tinggi SD Inpres Bualemo 2 Kecamatan Bualemo Kabupaten Banggai. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra Haja Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II, Dra. Martianty Nalole, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah “Bagaimana pengaruh aktivitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar matematika pada siswa di kelas tinggi SD Inpres Bualemo 2 Kecamatan Bualemo Kabupaten Banggai?”. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aktivitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas tinggi SD Inpres Bualemo 2 Kecamatan Bualemo Kabupten banggai. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan variabel yang diteliti aktivitas belajar di rumah (variabel X) dan prestasi belajar matematika (variable Y). Sampel diambil secara sitematis sebanyak 20 siswa dari populasi siswa kelas tinggi SD Inpres Bualemo 2 Kecamatan Bualemo Kabupaten Banggai sebanyak 59. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dekumentasi dan Wawancara terstruktur. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa dengan model regresi linier sederhana dan korelasi. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan aktivitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas tinggi SD Inpres Bualemo 2 Kecamatan Bualemo Kabupaten Banggai karena dari hasil pengujian hipotesis statistik di peroleh r_xy = 0,815 dengan tingkat keberartian persamaan korelasi berdasarkan uji keberartian korelasi diperoleh thitung = 5,962 ? ttebel = 2,10 yang artinya hipotesis statistik “Ha” diterima. Jika di presentasikan nilai koefisien korelasi sebesar 0,815 kedalam koefisien determinan (R) yaitu akan diperoleh 66,42%, artinya sebesar 66,42% prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh aktivitas belajar di rumah dan sisanya sebesara 33,58% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti atau tidak termasuk dalam cakupan penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar di rumah berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas tinggi SD Inpres Bualemo 2 Kecamatan Bualemo Kabupaten Banggai. Kata Kunci: Aktivitas belajar di rumah, prestasi belajar Matematika.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011