ESSAY

Writer / NIM
YAHYA YANI NDJOLO / 151407102
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Advisor 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstract
ABSTRAK Yahya Yani Ndjolo. 2012. Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Melalui Teknik Pendekatan Lingkungan Alam Pada Siswa Kelas V SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi Penelitian Tindakan Kelas sebagai syarat Mengikuti Ujian Sarjana Pendidikan Di Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo, dengan rumusan masalah “ Apakah keterampilan menulis puisi bebas dengan teknik pendekatan lingkungan alam pada siswa kelas V SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat meningkat ? ” dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa menulis puisi bebas melalui teknik pendekatan lingkungan alam pada siswa kelas V SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan pada siklus I dilihat dari keseluruhan aspek yang diperoleh 15 orang siswa dengan kategori mampu atau 59% sehingga indicator kinerja yakni minimal 80% siswa yang memperoleh kategori mampu belum tercapai. Dengan demikian hasil dilanjutkan ke siklus berikutnya. Pada siklus II siswa dengan kategori mampu meningkat menjadi 20 orang siswa atau 80%. Hal ini sudah mencapai indicator kinerja yang telah ditetapkan maka pembelajaran dianggap tuntas. Disimpulkan bahwa pengunaan teknik pendekatan lingkungan alam dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SDN No.87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Kata kunci: menulis puisi bebas, teknik pendekatan lingkungan alam.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011