ESSAY

Writer / NIM
SITI ZURIYATI / 151407278
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
Siti Zuriyati, 2012 “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Teknik Hipnosis Pada Materi Globalisasi di Kelas IV SDN 28 Kota Selatan”. Suatu penelitian tindakan kelas di Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Gorontalo, dengan Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pdi, M.Hi. Dasar penelitian ini berawal dari fenomena kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan sebagai bentuk pembaruan dalam meningkatkan kreativitas mengajar. Sehingga dianggap perlu untuk melakukan penelitian ini guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan kondisi yang menjadi fokus permasalahan yaitu peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan teknik hipnosis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, terdapat 8 siswa atau 34,7% yang memiliki motivasi baik atau persentase motivasi di atas 75%, sedangkan 15 siswa atau 65,2% memiliki motivasi kurang atau persentase motivasinya kurang dari 75%. Dan hasil balik yang merupakan pengamatan guru mitra terhadap peneliti mengenai penggunaan teknik hipnosis menunjukkan angka 42,85%. Pada siklus II, terdapat 19 siswa atau 82,6% yang memiliki motivasi baik dengan persentase motivasi di atas 75%, dan masih terdapat 4 siswa atau 17,3% yang memiliki motivasi kurang dengan persentase motivasi kurang dari 75%. Dan hasil balik pengamatan guru mitra menunjukkan angka 86% dengan kriteria baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan teknik hipnosis telah menunjukkan hasil yang baik sesuai dengan indikator yang telah ditentukan. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Teknik Hipnosis.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011