ESSAY

Writer / NIM
ABDUL WAHID GANI / 151408005
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
Abstrak Abdul Wahid Gani, 2012 Meningkatkan Kemampuan Menjumlah Pecahan Biasa Yang Berpenyebut Tidak Sama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas IV SDN No.71 Kota Timur Kota Gorontalo dan selaku pembimbing 1 Dra.Martianty Nalole.M.Pd dan Pembimbing 2 Dra.Samsiar Rivai S.Pd.M.Pd. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Unuversitas Negeri Gorontalo, Tahun 2012. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan yaitu apakah model Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan menjumlah pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama pada siswa kelas IV SDN No.71 Kota Timur Kota Gorontalo.”? Tujuan penilitian ini untuk meningkatkan kemampuan menjumlah pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada siswa kelas IV SDN No.71 Kota Timur Kota Gorontalo berjumlah 19 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian tindakan kelas bertujuan meningkatan kemampuan siswa menjumlah pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation di kelas IV SDN No.71 Kota Timur Kota Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil pada siklus 1 tentang kemampuan menjumlah bilangan pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama pada siswa kelas IV SDN No. 71 Kota Timur Kota Gorontalo yakni 14 orang yang belum mampu atau 60%, sedangkan yang sudah mampu 5 orang atau 21%. dan pada siklus 2 meningkat menjadi 19 orang atau 90%. melihat hasil ini, indikator kinerja yang telah dirumuskan dalam penelitian ini yaitu apabila 90% dari jumlah siswa pada penjumlahan bilangan pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama dapat tercapai. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan siswa menjumlah pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama pada siswa kelas IV SDN No.71 Kota Timur Kota Gorontalo. Kata Kunci : Meningkatkan, fraction.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011