ESSAY

Writer / NIM
AGUS M.P IMRAN / 151408008
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstract
AGUS.M.P IMRAN. NIM. 151 408 008. Meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi gaya magnet melalui metode eksperimen di Kelas V SDN 1 Pone Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Prof. Dr. Hi. Abd. Haris PanaI,S.Pd, M.Pd dan Pembimbing 2. Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd. Permaslahan yang ditemui di SDN 1 Pone Kabupaten Gorontalo adalah rendahnya hasil belajar siswa tentang materi gaya magnet. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi gaya magnet melalui metode eksperimen di Kelas V SDN 1 Pone Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Metode ini digunakan dengan maksud untuk memberikan gambaran terhadap keadaan peningkatanhasil belajar siswa tentang materi gaya magnet melalui metode eksperimen di Kelas V SDN 1 Pone Kabupaten Gorontalo. Pelaksanaan metode eksperimen dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa diperoleh data bahwa pada pelaksanaan observasi awal terdapat 45% anak pada kategori mampu, siklus I pertemuan pertama dan pertemuan kedua terdapat 51% dan 56% yang termasuk pada kategori mampu. Siklus II pertemuan pertama terdapat 79% pada kategori mampu, dan pada pelaksanaan siklus II pertemuan kedua terdapat 89% orang siswa pada kategori mampu. Melihat keberhasilan pada penelitian ini, maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Jika guru menggunakan metode eksperimen, maka hasil belajar siswa tentang materi gaya magnet di kelas V SDN 1 Pone Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan”, dapat diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode Eksperimen
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011