ESSAY

Writer / NIM
AGUSTINA HAMID / 151408009
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
AGUSTINA HAMID. 2012. Meningkatkan Kemampuan Mengalikan Bilangan Cacah Melalui Pendekatan kontekstual Pada Siswa Kelas II SDN No.27 Dungingi Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi SI PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke,S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra.Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. Masalah penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan mengalikan bilangan cacah pada siswa kelas II SDN No. 27 Dungingi Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo ?“.Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengalikan bilangan cacah pada siswa kelas II SDN No. 27 Dungingi Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo melalui pendekatan kontekstual. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ,yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I terdapat 10 orang siswa atau 55,56 % yang mampu mengalikan bilangan cacah dan 8 orang siswa atau 44,44% yang kurang mampu mengalikan bilangan cacah. Sehingga belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan yakni 80,00% dari seluruh siswa kelas II SDN No.27 Dungingi Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Dengan demikian masih diadakan tindak lanjut ke siklus II. Pada siklus II terdapat 15 orang siswa atau 83,33% yang mampu mengalikan bilangan cacah dan 3 orang siswa atau 16,67% yang kurang mampu mengalikan bilangan cacah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan kontekstual kemampuan mengalikan bilangan cacah pada siswa kelas II SDN No.27 Dungingi Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, Perkalian, Bilangan Cacah, Pendekatan Kontekstual
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011