ESSAY

Writer / NIM
ALVIYANTI HASAN / 151408015
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstract
ABSTRAK Alvianti Hasan. Nim 151408015. 2015. "Penerapan Menulis Pantun Jenaka Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Program Studi S1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Dra. Hj. Salma Halidu. S.Pd. M.Pd dan Pembimbing 2. Hj. Sumarni Mohamad S.Pd M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana penerapan menulis pantun jenaka pada siswa kelas IV SDN 4 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo". Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan menulis pantun jenaka. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah SDN 4 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas IV SDN 4 Telaga yang berjumlah 39 orang. Hasil penelitian tentang menerapkan penulisan pantun jenaka pada materi pantun, rata-rata persentase dari ketiga teknik pengumpulan data yaitu hasil angket memperoleh 92%, wawancara 85% dan observasi 79%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam penerapan menulis pantun jenaka memperoleh 85% dengan klasifikasi baik. Hal ini disebabkan karena taraf yang diperoleh berada pada rentangan (76-100%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN 4 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo telah mencapai hasil yang diinginkan dalam pembelajaran tentang pantun. Kata Kunci: Penerapan, Menulis, Pantun Jenaka
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011