ESSAY

Writer / NIM
DEWINTA MOKOAGOW / 151408042
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
ABSTRAK Dewinta Mokoagow Nim 151408042. 2012. Meningkatkan Kemampuan Mengurang Dua Bilangan Cacah Menggunakan Metode Jarimatika Dili Pada Siswa Kelas I SD Laboratorium UNG Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd. Pembimbing II, Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini bahwa “Apakah dengan menggunakan metode jarimatika dili dapat meningkatkan kemampuan mengurang dua bilangan cacah pada siswa kelas I SD Laboaratorium Universitas Negeri Gorontalo Kota Selatan Kota Gorontalo?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengurang dua bilangan cacah menggunakan metode jarimatika dili pasa siswa kelas I SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang dilaksanakan pada siklus 1 menunjukkan bahwa dalam mengurang dua bilangan cacah terdapat 12 orang atau 42,85 % yang memperoleh kriteria tuntas, sedangkan pada siklus II kemampuan siswa meningkat menjadi 24 orang siswa atau 85,71 % yang memperoleh nilai ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode jarimatika dili kemampuan siswa dalam mengurang dua bilangan meningkat. ` Kata Kunci: Kemampuan, Mengurang, Bilangan Cacah, Metode Jarimatika Dili
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011