ESSAY

Writer / NIM
DISTY RISTY HASAN / 151408045
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Advisor 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK Disty Risty Hasan. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menjumlahkan Pecahan Biasa Berpenyebut Tidak Sama Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada Siswa Kelas V SD Laboratorium UNG Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini bahwa “Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan kemampuan menjumlahkan pecahan biasa berpenyebut tidak sama pada siswa kelas V SD Laboratorium UNG Kota Selatan Kota Gorontalo?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menjumlahkan pecahan biasa berpenyebut tidak sama dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe make a match pada siswa kelas V SD Laboratorium UNG Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas V SD Laboratorium UNG Kota Selatan Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 12 orang siswa perempuan yang pada siklus I menunjukkan bahwa dalam menjumlahkan pecahan biasa berpenyebut tidak sama hanya 15 orang atau 71,43% yang memperoleh kriteria tuntas, sedangkan pada siklus II kemampuan siswa meningkat menjadi 19 orang siswa atau 90,48 % yang memperoleh nilai ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match meningkatkan kemampuan siswa menjumlahkan pecahan biasa berpenyebut tidak sama dalam pembelajaran Matematika. Kata Kunci: Kemampuan, Menjumlahkan, Pecahan Biasa, Berpenyebut Tidak Sama, Model, Pembelajaran, Kooperatif Tipe Make a Match.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011