ESSAY

Writer / NIM
DWI LIYANA MOHAMAD / 151408046
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Abstract
Dwi Liyana Mohamad, 2012.“Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Permainan Kartu Kata Pada Siswa Kelas 1 SDN 2 Lupoyo Kabubaten Gorontalo”. Skripsi Program Strata 1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing 1, Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd Pembimbing II, Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Permainan Kartu Kata Pada Siswa Kelas 1 SDN 2 Lupoyo Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan dengan menggunakan permainan kartu kata pada siswa kelas 1. Subyek penelitian adalah siswa kelas 1 SDN 2 Lupoyo Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dengan jumlah siswa sebanyak 30 yang terdiri dari 18 orang laki-laki 12 orang perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang di laksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam membaca permulaan dapat ditingkatkan dengan menggunakan permainan kartu kata, pada observasi awal hanya sebanyak 10 siswa atau sebesar 33.33 % atau dari 30 siswa memiliki kemampuan membaca permulaan. Pada siklus 1 hal ini mengalami peningkatan menjadi 18 siswa (60%). Pada siklus II Jumlah ini mengalami peningkatan menjadi 86.66% atau 26 siswa dari 30 siswa yang ada di SDN 2 Lupoyo Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa jika digunakan permainan kartu kata maka kemampuan siswa membaca permulaan dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Kemampuan Membaca Permulaan, Kartu Kata.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011