ESSAY

Writer / NIM
EKASARI MOKOGINTA / 151408049
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstract
ABSTRAK Eka Sari Mokoginta. NIM. 151 408 049. “Meningkatkan Minat Belajar Siswa Tentang Materi Perjuangan Para Tokoh di Masa Belanda Melalui Model STAD Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Hj Hakop Walangadi, M.Si, dan pembimbing II Dra.Elmia Umar M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model STAD dapat meningkatkan minat belajar siswa tentang materi perjuangan para tokoh di masa Belanda pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan poenelitian adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi tentang perjuangan para tokoh di masa belanda melalui model STAD pada mata pelajaran IPS Kelas V SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo. Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil Penelitina menunjukkan bahwa pada pelaksanaan tindakan pembelajaran siklus I diperoleh rata-rata minat belajar siswa sebesar 70.31%, namun rata-rata tersebut belum mencapai indikator capaian yakni sebesar 80%. Maka dilanjutkan pada siklus II, pada pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh rata-rata minat belajar siswa sebesar 87.30% atau terjadi peningkatan sebesar 16,99 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian berbunyi “Terjadi peningkatan minat belajar siswa tentang materi perjuangan para tokoh di Masa Belanda melalui model STAD pada mata pelajaran IPS Kelas V SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo”, terbukti. Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD dan Minat Belajar Siswa ABSTRACT Eka is Mokoginta's Cream. NIM. 151 408 049. “Increasing Belajar's Yen Student About struggle Material Figures at Belanda's Term Pass Through STAD'S Model On IPS'S Subject brazes v SDN 83 Gorontalo's Down Town City ”. Paper. Education majors Learns Knowledge Faculty Elementary School Country University Education Gorontalo. Dra's i. counsellor. Hj Hakop Walangadi, M. The, and counsellor II. Dra. Elmia Umar M.Pd. Problem formula in observational it is what by use of model STAD can increase belajar's yen student about struggle material figures at Belanda's term on IPS'S subject at brazes v SDN 83 Gorontalo's Down Town City?. Method that is utilized in this research is Action Observational method braze (PTK). To the effect poenelitian is subject to be increase belajar's yen student on material about struggle figure at belanda's term pass through STAD'S model on IPS'S subject brazes v SDN 83 Gorontalo's Down Town City. Researcher utilizes kualitatif's approximate methods by methodics descriptive kualitatif. Penelitina's result points out that on learning action performing i. cycle to be gotten belajar's yen average student as big as 70.31%, but that average haven't reached capaian's indicator namely as big as 80%. Therefore is drawned out on cycle II., on cycle action performing II. acquired average belajar's yen student as big as 87.30% or happening increasing as big as 16,99 %. Thus can be concluded that hypothesis in observational gets sound “ yen increasing happening belajar student about struggle material figures at Belanda's Term pass through STAD'S model on IPS'S subject brazes v SDN 83 Gorontalo's Down Town City ”, evident. Key word: STAD'S Learning model and Belajar's Yen Student
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011