ESSAY

Writer / NIM
ELYS S. TOMA / 151408052
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Advisor 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstract
ABSTRAK Elys S. Toma. 2012. “ Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Menulis Karangan Siswa Kelas IV di SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo”. Skripsi. Program Studi SI PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan pendekatan kontekstual dalam menulis karangan siswa kelas IV SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo?” Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pendekatan kontekstual dalam menulis karangan di kelas IV SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri 10 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menulis karangan dapat ditingkatkan melalui pendekatan kontekstual. Dari pengamatan pembelajaran yang dilakukan guru terlihat 28,57 % yang memperoleh predikat tepat, 38,09 % predikat kurang tepat, dan 33,33 % predikat tidak tepat. Pada pelaksanaan tindakan selanjutnya terjadi peningkatan menjadi 81 % kriteria tepat 9,25 % kriteria kurang tepat, dan 9,25 % kriteria tidak tepat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan kontestual, maka kemampuan siswa dalam menulis karangan dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Pendekatan kontekstual, Karangan.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011