ESSAY

Writer / NIM
EVA LINDA ADAM / 151408058
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
ABSTRAK Evalinda Adam. NIM. 151 408 058. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran PKn Materi Sistem Pemerintahan Pusat Melalui Model Pembelajaran Jigsaw di Kelas IV SD Laboratorium UNG Kota Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd, dan pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pdi, M.Hi. Penelitian ini bermakasud untuk mengetahui penerapan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran PKn mater sistem pemerintahan pusat dan mengetahui hasil belajar siswa melalui model pembelajaran jigsaw. Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan dengan maksud untuk mengetahui penerapan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran PKn mater sistem pemerintahan pusat dan mengetahui hasil belajar siswa melalui model pembelajaran jigsaw. Pada pelaksanaan siklus I diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65.61%, namun rata-rata tersebut belum mencapai indikator capaian yakni sebesar 75%. Maka dilanjutkan pada siklus II, pada pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh hasil rata-rata keterampilan berbicara siswa sebesar 83.64% atau terjadi peningkatan sebesar 18,03%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Jika guru menggunakan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan Indonesia di kelas IV SD Laboratorium UNG Kota Gorontalo, maka hasil belajar siswa akan meningkat” telah teruji dengan benar dan dapat diterima. Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw dan Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011